Gaji ke-13 Cair, Korpri: Jangan Lupa Berbagi ke Sesama

ASN dengan gaji ke-13 ini mempunyai kekuatan daya beli baru.

Humas Kemendagri
Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrullah
Rep: Fauziah Mursid Red: Ratna Puspita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) bersyukur gaji ke-13 pegawai aparatur sipil negara (ASN) akhirnya cair meski sempat mundur dari waktu biasanya karena pandemi Covid-19. Korpri pun berpesan terkait alokasi gaji ke-13, di antaranya berbagi ke sesama. 

Baca Juga

"Jangan lupa untuk berbagi kepada sesama, bantu tetangga saudara rekan yang membutuhkan," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrullah dalam keterangannya, Senin (10/8).

"Semua ASN yang sudah terima happy (senang). Gaji ke-13 ini bisa untuk bayar sekolah anak-anak," ujar dia.

Selain membayar kebutuhan dan beramal, Zudan juga berpesan kepada pegawai ASN agar sebagian dari gaji ke-13 ini tidak hanya disimpan, melainkan juga untuk dibelanjakan. Sebab, gaji ke-13 ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Iya betul, ASN dengan gaji ke-13 ini mempunyai kekuatan daya beli baru," ungkapnya.

Kementerian Keuangan memastikan pencairan gaji ke-13 pegawai aparatur sipil negara (ASN) dilakukan pada hari ini. Namun gaji ke-13 kali ini diberikan kepada ASN semua golongan, termasuk pejabat eselon I dan II.

Ini berbeda dengan THR sebelumnya, yang hanya untuk golongan ASN ke bawah. Melalui kebijakan ini, anggaran untuk pembayaran gaji dan pensiun ke-13 bertambah Rp 300 miliar dari kebutuhan semula, yakni menjadi Rp 28,82 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kebijakan untuk memasukkan eselon satu dan dua dalam pemberian gaji ke-13 merupakan bentuk apresiasi atas upaya keras mereka. "Khususnya dalam penanganan dampak Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," tuturnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/8).

 
Berita Terpopuler