Bruno Fernandes Selamatkan MU dari Kekalahan

MU bermain imbang 1-1 di kandang Tottenham Hotspur.

EPA-EFE/SHAUN BOTTERILL
Gelandang Manchester United Bruno Fernandes mengambil tendangan penalti ke gawang Tottenham Hotspur.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bruno Fernandes menjadi penyelamat Manchester United (MU) dalam pertandingan restart Liga Primer Inggris melawan Tottenham Hotspur. Sepakan penalti Fernandes pada menit ke-81 membawa MU menahan Tottenham 1-1 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (20/6) dini hari WIB.

Baca Juga


Hasil imbang ini membuat MU gagal naik ke peringkat empat, setidaknya sampai Ahad (21/6). MU tertahan di posisi lima dengan nilai 46, dua poin di bawah Chelsea.

Sementara Tottenham juga gagal menyodok ke posisi enam. Spurs tertahan di peringkat delapan dengan nilai 42. 

Jalannya laga

Tuan rumah menampilkan Harry Kane yang telah sembuh dari cedera. Ia ditopang Son Heung-min, Erik Lamela, dan Steven Bergwijn.

Dari kubu MU, pelatih Ole Gunnar Solskjaer menampilkan Anthony Martial di depan. Marcus Rashford dan Daniel James bermain melebar, dengan Bruno Fernandes menopang dari lini kedua.

Dengan formasi ini, MU mengambil inisiatif menyerang. Sementara Tottenham memilih bertahan ketat dan mengincar celah untuk menghukum MU lewat serangan balik.

MU beberapa kali menekan namun tak bisa mendapatkan peluang. Sementara Tottenham baru melepaskan tembakan tepat sasaran menit ke-13 lewat Son, yang bisa diamankan dengan mudah oleh David De Gea.

Menit ke-22, giliran kiper Tottenham Hugo Lloris yang mengamankan gawangnya dari gempuran Rashford dan Fernandes.

Tottenham akhirnya membuka skor pada menit ke-27 lewat Bergwijn. Menerima bola di area tengah MU, pemain timnas Belanda ini berlari menuju De Gea. Ia melewati Harry Maguire sebelum dengan mudah menaklukkan David De Gea. 

MU tersengat dan makin gencar menggempur pertahanan Tottenham. Namun tuan rumah bertahan dengan nyaman, memotong setiap alur bola yang membahayakan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Tak banyak perubahan pada awal babak kedua. MU terus menekan namun belum bisa memecah kebuntuan. Hingga akhirnya pada menit ke-63 Solskjaer memasukkan Paul Pogba dan Mason Greenwood, menggantikan Fred dan Daniel James.

Duet Pogba-Fernandes langsung memberikan ancaman. Aksi keduanya membuat Antony Martial mendapatkan dua kesempatan. Peluang jarak dekat ditahan Eric Dier, sementara sepakan keras jarak jauh Martial diadang Lloris.

Pelatih Tottenham Jose Mourinho kemudian menarik Erik Lamela dan Bergwijn, memasukkan tenaga baru Giovani Lo Celso dan Gedson Fernandes. Namun keduanya belum bisa meredam agresivitas MU.

Hingga pada menit ke-80, aksi Pogba di kotak penalti memancing Dier melakukan pelanggaran. Wasit Jon Moss pun tanpa ragu menunjuk titik putih. Fernandes maju sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah 1-1.

Memasuki pengujung laga, Fernandes terjatuh di kotak penalti. Namun kali ini MU tak mendapatkan penalti kedua setelah pengecekan VAR. Lima menit tambahan waktu diberikan wasit Moss, namun skor tak berubah. Tak ada pemenang pada laga bigmatch ini. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler