Mitsubishi eK Raih Skor Keselamatan Tertinggi

Kei wagons eK X dan eK Wagon meraih nilai tertinggi ASV+++.

dok Mitsubishi
Mitsubishi eK raih skor keselamatan tertingi dalam JNCAP
Rep: Eric Iskandarsjah Z Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Di Jepang, salah satu mobil yang cukup diminati adalah mobil mungil atau kei car. Mitsubsihi Motor Corporation (MMC) pun turut meramaikan pasar pada kelas kei car lewat produk Mitsubishi eK Wagon dan eK X (ek Cross).

Meski merupakan sebuah mobil mungil, tapi Mitsubishi tetap menanamkan sejumlah ftur keselamatan yang mumpuni. Oleh karena itu, berdasar ketarangan pers kepada Republika.co.id pada Rabu (27/5), MMC mengumumkan bahwa kedua produk itu telah mendapatkan skor tertinggi dalam Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Baik kei wagons eK X dan eK Wagon meraih nilai tertinggi ASV+++ dalam kinerja keselamatan preventif dan skor bintang lima (maksimum) dalam performa keselamatan tabrakan di tahun fiskal 2019 pengujian dan penilaian JNCAP.

Konsep keselamatan yang diusung Mitsubishi adalah untuk mendukung pengembangan produk demi mempromosikan mobilitas masyarakat tanpa kecelakaan lalu lintas. Mitsubishi Motors pun berkomitmen penuh untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi dan perlindungan keselamatan aktif dan pasif.

Soal fitur, eK X dan eK Wagon dilengkapi dengan teknologi driver assistance yang mencakup langkah-langkah keselamatan preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari tabrakan, atau mengurangi kerusakan tabrakan.

Sejumlah fitur itu diantaranya adalah Lane Departure Warning (LDW) yang dapat menginformasikan kepada pengemudi dengan alarm peringatan dan tampilan layar informasi ketika kendaraan akan menyimpang dari jalurnya, sementara Lane Departure Prevention (LDP) hadir untuk membantu pengemudi dalam memindahkan kendaraan kembali ke jalurnya.

Selain itu, Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dipasang di kedua kei wagon ini juga hadir untuk mencegah akselerasi mendadak akibat pengoperasian tuas atau pedal yang tidak disengaja. Selanjutnya, kei car ini juga dilengkapi dengan Multi Around Monitor yang membantu pengemudi untuk memonitor lingkungan sekitar kendaraan saat parkir.

Kemudian, pabrikan Jepang ini juga menanmkan sistem pengereman Forward Collision Mitigation (FCM) yang mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan kendaraan serta Automatic High Beam (AHB) yang berganti antara sorotan lampu jauh dan lampu dekat dengan mendeteksi kendaraan sebelumnya atau yang akan dating.

Fitur ini pun mampu mengatur intensitas lampu sesuai dengan tingkat kecerahan jalan dan sekitarnya untuk memastikan mengemudi dapat melewati jalanan dengan lebih percaya diri dan aman pada malam hari.

Seluruh fitur itu pun membuat eK X dan eK Wagon menerima skor tertinggi untuk pencegahan pindah jalur, pencegahan kesalahan penggunaan pedal dan sistem pemantauan tampilan belakang.

Selanjutnya, eK X dan eK Wagon pun menawarkan performa keselamatan tabrakan tingkat tinggi dengan mengadopsi sistem keselamatan MITSUBISHI MOTORS RISE. Sistem ini bekerja dengan menggabungkan desain bodi depan penyerap energi tabrakan dengan kompartemen penumpang yang tahan deformasi yang dipadukan dengan enam SRS Airbag yang meningkatkan kinerja perlindungan penumpang.

Tak hanya itu, Kei wagon pun secara spesifik dirancang untuk lebih meningkatkan keselamatan pejalan kaki dengan memasang struktur penyerap energi di kap mesin untuk melindungi area kepala pejalan kaki dan struktur di dalam bemper untuk mengurangi cedera pada kaki pejalan kaki saat terjadi tabrakan.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler