Kulit Berwarna dan Putih: Jejak Rasisme Dalam Film Bollywood

Jejak Rasisme Dalam Film Bollywood

The India Wire
Sejarah film India
Red: Muhammad Subarkah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika.


Saat ini mungkin hanya satu-satunya industri film dunia yang berani bersaiing melawan dominasi film Amerika Serikat, Hollywood. Dan salah satunya yang masih eksis adalah keliatan film asal India, Bollywood, untuk terus bertahan. Di kalangan rakyat India, film --dan juga musik India -- adalah segala-galanya. Sampai-sampai aktor sekelas Shah Rukh Khan berani mengatakan: Kami tak butuh film Hollywood, sebab kami punya film (dan musik) yang tersendiri.


Industri film di sana memang sangat marak. Bahkan sampai hari ini di Indonesia film-film India sering 'keluruyan' dengan tayang di layar bioskop elit. Bahkan hingga akhir tahun 1970-an di bilangan Pasar Senen Jakarta ada gedung bioskop yang memutar khusus fllm-film India.


Tak hanya itu, sampai sekarang industri film jejaknya sangat kuat di Indonesia. Pada kasus terakhir berbagai akor India menghiasi layar kaca elevisi Indonesia. Dan ini jelas membuktukan tak hanya agama, makanan, dan budaya, soal musik dan film India juga menjadi selera acuan banyak orang Indonesia.


Namun, ada sebuah tulisan yang menarik dari CNN.com. Hal ini terkait dengan tulisan karya Monica Sarkar: "Why does Bollywood use the offensive practice of brownface in movies?" (Mengapa Bollywood menggunakan praktik ofensif wajah cokelat di film). Tulisan ini sangat menarik sebab ternyata di industri film India ada jejak rasisme berdasarkan warna kulit. Mereka yang cantik, kata, sukses selalu ditampilkan dalam sosook berkulit putih, sedangkan sosok berwarna menjadi sosok yang sebaliknya serba pejoratif yang miskin, petani, susah, dan kejam.


Uniknya lagi soal warna kulit juga terkait soal agama dan sistem budaya peninggalan kolonial yang sempat menjajah India. Agar lebih jelasnya bisa disimak tulisan dibawah ini yang kami bikin bentuk serial atau tidak hanya satu tulisan. Tulisan itu sebagai berikut:


                                       *****


Bollywood mungkin terkenal karena para pemainnya yang glamor, kostum mewah dan rutinitas dansa atau tariannya yang energik. Tapi itu juga memiliki reputasi yang jauh lebih bagus - untuk mempromosikan praktik ofensif wajah cokelat.


"Ini sebenarnya rasisme," kata sutradara film pemenang penghargaan Neeraj Ghaywan. "Jangan cincang kata-kata kita."


Di Amerika Serikat, konsep blackface dan brownface kembali ke abad ke-19, ketika pemain kulit putih akan menggelapkan wajah mereka dengan makeup, dan menggunakan stereotip rasis untuk menggambarkan hitam dan karakter etnis minoritas lainnya. Pemain kulit putih melakukan ini di saat profesional non-kulit putih sendiri dilarang bekerja di industri ini.


Dan praktiknya sudah ada sejak Inggris, ke sebuah era yang disebut masa ‘Elizabethan’, ketika sutradara secara tradisional melemparkan aktor kulit putih untuk memainkan karakter minoritas dalam drama Shakespeare. Bahkan hingga beberapa dekade terakhir, jenderal Afrika di "Othello" telah lama diperankan oleh aktor kulit putih dengan kulit gelap, termasuk Orson Welles pada 1951 dan Laurence Olivier pada 1965.


Itu juga muncul dalam film-film modern. Dan Aykroyd mengenakan wajah hitam dan rambut gimbal di "Tempat Perdagangan" tahun 1983 dan Robert Downey Jr. muncul beberapa warna lebih gelap dalam "Tropic Thunder," 2012 untuk memainkan aktor metode Australia putih yang menggelapkan kulitnya untuk memainkan seorang pria kulit hitam dalam film perang Vietnam.


                                        *****

Bollywood telah mengadopsi wajah cokelat di sejumlah film - dengan sementara menggelapkan kulit para pemain, terutama ketika mereka menggambarkan karakter dari latar belakang yang kurang beruntung.


Seperti di masa-masa awal Hollywood, kritik terhadap praktik ini mengatakan bahwa Bollywood sering lebih suka mengambil pendekatan ini daripada merekrut pemain yang kulitnya lebih gelap secara alami. Sehingga situasi ini melanggengkan diskriminasi dan ketidaksetaraan dalam industri.
Misalnya, film populer 2019 "Bala" menampilkan kisah seorang wanita yang menderita diskriminasi berdasarkan warna kulitnya.


  • Keterangan foto: (kiri) aktris India Bhumi Pednekar dalam kulit putihnya dan kanan kala dia memakai makeup menghitamkan diri demi perannya dalam film populer di India tahun 2019, "Bala".

Wanita itu diperankan oleh aktris terkenal Bhumi Pednekar (gambar di atas), yang kulitnya digelapkan untuk memainkan peran. Langkah ini dibanting oleh beberapa outlet media India, komentator, dan di media sosial.


Beberapa menunjukkan ironi dari salah satu poster promosi film yang di-tweet oleh Pednekar, di mana karakternya "dikelilingi oleh produk-produk pencerah kulit (dan) sebenarnya berkulit terang dan berwarna cokelat."

Misalnya dalam pemasaran produksi film itu ada iklan seperti ini: Ini adalah poster untuk Bala, sebuah film Bollywood yang akan datang tentang perjuangan seorang pria dengan kebotakan. 
Pednekar membela keputusan sutradara untuk memerankan atau menajdi aktris dalam film ini. Menurut laporan media India, mengatakan faktor-faktor selain dari penampilan fisik memainkan peran utama dalam penunjukkan para pemainnya.

Dan dalam soal peran dia, Pednekar mengatakan begini: "Jika seorang pembuat film telah mengambil saya, maka itu karena mereka percaya saya bisa menambah nilai pada film." - 


Sutradara, Amar Kaushik, mengatakan kepada ‘Press Trust of India’ bahwa ia memang sempat berpikir untuk memerankan aktor berkulit gelap, tetapi "merasa Bhumi hebat untuk karakter ini."
Terkait soal ini pun sempat CNN menghubungi Pednekar melalui agennya dan Kaushik untuk memberikan komentarnya. Namun, keduanya menolak memberikan berkomentar terkait kontroversi itu.

  • Keterangan foto: Aktor Hrithik Roshan memakai makeup kulit yang digelapkan kdalam film Bollywood pruksi tahun 2019, Super 30.


Popularitas film yang menggunakan aktor dan aktris  warna cokelat terjadi pada sebuah film yang menjadi hit box office India, seperti "Super 30" dan "Gully Boy," yang juga juga dirilis pada 2019. Adanya film ini menunjukkan bahwa Bollywood belum mendapat tekanan publik yang signifikan untuk praktik yang banyak orang anggap rasis dan ofensif. .

                                          ****

Pesona Di Balik Topeng

Sikap India terhadap keadilan terkait soal warna kulit memang ada yang menganggap sebagai sebuah konsep kuno."Soal warna kulit ini mendahului kolonialisme dan tentu saja terkait dengan kasta," kata sosiolog Sanjay Srivastava, yang bekerja di Institute of Economic Growth di Delhi.


"Teks-teks agama Hindu penuh dengan apa yang sekarang kita kenal sebagai stereotip rasial: tokoh-tokoh kasta rendah sebagai gelap dan jelek ... Menjadi gelap berarti menjadi buruh kasar, bekerja di bawah sinar matahari. Kulit yang adil juga merupakan tanda kelas,’’ katanya lagi.


Bahkan, ditengaraai kedatangan para pemimpin kolonial Inggris berkulit pucat di abad ke-18 juga memiliki peran, memperdalam prasangka tersebut,"Selama era kolonial, ras dan rasisme berfungsi dalam konteks apa yang disebut populasi ras campuran, Anglo-India. Semakin dekat Anda dengan leluhur kulit putih, semakin tinggi dalam hierarkinya,’’ ujar Sanjay Srivastava. Dia juga menyatakan  pemerintahan Inggris juga dipersalahkan karena lebih jauh mempolarisasi kasta.


Keadilan, di sisi lain, dihormati dan dianggap sebagai tanda keindahan dan status. "Bollywood, dan sinema India pada umumnya, memiliki dua anteseden yang luar biasa: ikonografi agama dan teater Parsi," kata Vijay Mishra, seorang Profesor Sastra Inggris di Universitas Murdoch Australia dan penulis

"Bioskop Bollywood: Temples of desire”. Bahkan dia sempat mengatakan ‘Untuk kedua ikonografi agama dan teater,  soal 'keputihan' kulit sangat penting," kata Mishra.
 Dewa dan dewi Hindu "sangat putih," kecuali Siwa berkulit gelap, Rama dan Krishna, katanya. Ini berbeda dalam teater  atau seni pertunjukan Parsi, "Di Parsis, melalui etnis Iran mereka, sangat adil."


Sebelum film suara Hindi didirikan di India pada tahun 1931, teater Parsi, dipengaruhi oleh teater kolonial Inggris. Mereka berfungsi sebagai hiburan bagi kelas menengah dan kelas pekerja yang saat itu sedang tumbuh dan sangat populer.


Datangnya kemerdekaan India pada tahun 1947 membuka jalan bagi konstitusi baru yang melarang diskriminasi berbasis kasta, tetapi masih lazim di beberapa bagian India. Dalam Laporan Dunia 2019, Human Rights Watch mencatat bahwa kasta Dalit di India yang sebelumnya disebut sebagai "tidak tersentuh," terus mengalami didiskriminasi dalam pendidikan dan pekerjaan."


Dan  dalam soal ‘colorism’ atau  diskriminasi berdasarkan warna kulit seseorang yang lazim di Bollywood, Sanjay Srivastava kembali berpendapat: Colorism di sini kemudian sama sekali tidak menjadi masalah. Inii karena sejumlah besar bioskop Bollywood mengandalkan prasangka sebagai sarana hiburan.


"(Maka) hal itu akan dianggap sangat alami bahwa mereka tidak akan menggunakan warna cokelat untuk menggambarkan karakter gelap ... (karena penonton) juga ingin diyakinkan bahwa glamornya masih ada, di belakang topeng dirinya."


  • Keterangan foto: Aktor India, Ranveer Singh yang bermain dalam "Gully Boy' produksi tahun 2019. Lihat dia memakai makeup dengan cara menggelapkan kulitnya.


Pada sis lain, angka-angka box office yang akurat sulit diperoleh di India, "Gully Boy," "Bala" dan"Super 30" dilaporkan hanya beberapa film di antara 25 film Bollywood paling sukses tahun lalu. Ketiga film ini  menggunakan pelakon dengan warna kulit cokelat atau tidak putih.
                   

                                           

                                      *****


Dan saat CNN mengkorformasi soal ini kepada pihak Yash Raj Films yang menangani publisitas aktor "Gully Boy" Ranveer Singh untuk dikomentari, mereka menolak memberikan komentar. Perwakilan aktor "Super 30" Hrithik Roshan pun tidak menanggapi permintaan CNN untuk memberikan berkomentar.


Seorang pelaku industri film Bolliwood masa kini menceritakan bila keputusan untuk memilih aktor berkulit terang dan terkenal daripada pemain berkulit gelap didasarkan pada keinginan untuk membuat film dengan anggaran besar dan bisa dianggap layak secara finansial. Ini seperti dikatakan sutradara film Neeraj Ghaywan, yang telah bekerja pada Bollywood dan membuat film independen."Memang begitulah cara orang berpikir di Bollywood hingga hari ini."


Sebagai seorang anggota dari kasta Dalit – merupakan kasta dengam anak tangga terendah di tangga sosial India, Ghaywan adalah pengecualian langka dalam industri yang didominasi oleh kasta yang lebih tinggi.

  • Keterangan foto: Neeraj Ghaywan, sutradara dari kastra terendah di India, Dalit. Lihat kulitnya yang tidak berwarna putih.


Soal ini dia pernah ceritakan dalam sebuah tweetnya saat adanya sebuah panggilan kepadanya setahun silam kala diminta menjadi asisten penulis dan sutradara dari kasta yang lebih rendah untuk menghubunginya untuk bekerja. Terkait soal ini Ghaywan pun percaya bila adanya situasi kekurangan keragaman di Bollywood. Dan ini mungkin membuat sebagian menganggap mengapa soal kasta kemudian disalah diartikan.


Orang-orang dari berbagai ‘Kasta Terdaftar’ membentuk 16,6% dari populasi India, menurut angka sensus 2011. Tetapi pada tahun 2014, analisis oleh surat kabar The Hindu menemukan bahwa hanya dua film Bollywood yang dibuat tahun itu yang menampilkan karakter kasta lebih rendah dalam peran utama. 


Namun, Ghaywan berpendapat bahwa akar masalahnya adalah bahwa diskriminasi kasta sangat mengakar di India dan bahwa Bollywood hanya mencerminkan cita-cita masyarakat."Mereka telah begitu diinternalisasi melalui bioskop kita sendiri," katanya, merujuk pada contoh awal epik India 1957 "Mother India," di mana kulit aktor Sunil Dutt digelapkan untuk memainkan peran sebagai petani.


"Kami menginternalisasi begitu banyak sehingga itu adalah bagian dari memori otot, dan kami bahkan tidak memikirkannya."

                                       

 
Berita Terpopuler