Teh atau Kopi, Manakah yang lebih Menyehatkan?

Teh memiliki kadar antioksidan lebih tinggi sementara kopi baik untuk diabetes

Republika/Tahta Aidilla
Biji kopi.
Rep: Retno Wulandhari Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi dan teh sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu diantaranya cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Sementara yang lainnya kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Bagi yang menyukai keduanya mungkin akan bingung untuk memilih mana yang terbaik untuk dikonsumsi. Disiarkan Times Now News, beberapa paparan ini akan membantu Anda untuk menentukan minuman mana yang tepat menjadi pilihan.

 

Menurut penelitian, teh mengandung lebih banyak kafein dibandingkan kopi. Namun apabila sudah diseduh dengan teknik brew, kandungan kafein pada kopi menjadi jauh lebih banyak dari pada teh. 

Kafein sejatinya penting untuk memacu energi ketika seseorang bekerja dalam waktu yang panjang. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, kafein bisa merusak konsentrasi dan menyebabkan sulit tidur bahkan serangan nyeri. Bagi Anda yang ingin mengontrol asupan kafein, teh adalah pilihan yang tepat. 

 

Kabar buruk bagi pecinta kopi. Kandungan antioksidan yang bermanfaat besar untuk detoks sangat banyak ditemukan pada teh. Teh hijau adalah jenis yang paling sering dipilih untuk mendapatkan kandungan ini. Meskipun mengandung antioksidan juga, jumlahnya pada kopi jauh lebih sedikit dibandingkan yang ada di dalam teh. 

 

Dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan diabetes tipe 2. Kandungan dalam kopi juga dipercaya dapat mengontrol tingkat gula darah serta meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh. Selain itu, magnesium pada kopi juga membantu mengurangi tingkat gula. 

 

Bagi pecinta latihan gym, kopi hitam atau espresso mungkin minuman yang paling ideal untuk meningkatkan metabolisme dan memastikan kalori terbakar saat latihan. Namun bagi yang hanya ingin menurunkan berat badan dengan cara diet, teh hitam adalah pilihan terbaik. 

 

Kopi mengandung kafein yang sangat tinggi dan cukup membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Dalam hal ini, mengonsumsi lebih banyak teh cukup aman dibandingkan kopi.

Meski demikian, memilih mana minuman terbaik sebaiknya tetap memperhatikan kebutuhan. Bagi Anda yang sedang bekerja keras dan membutuhkan lebih banyak energi, kopi sangat dianjurkan. Sedangkan untuk Anda yang ingin melngkapi waktu bersantai, teh adalah yang terbaik. 

 
Berita Terpopuler