Sejarah Hari Ini: Ribuan Yahudi Tewas Diracun Gas Kimia oleh Nazi

wikimedia.org
Ribuan orang Yahudi dibawa ke kamp konsentrasi. (ilustrasi)
Rep: Crystal Liestia Purnama Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini di tahun 1942, sebanyak 4.300 orang bangsa Yahudi diangkut dari kota Chelm ke kamp pemusnahan Nazi di Sobibor, Polandia. Di mana mereka semua akhirnya tewas karena diracun gas kimia.

Pada hari yang sama, perusahaan Jerman IG Farben mendirikan pabrik di luar Auschwitz, untuk memanfaatkan budak Yahudi yang berada di kamp konsentrasi Auschwitz, Polandia.

Kamp Sobibor memiliki lima ruang gas kimia. Dari kamp tersebut, sekitar 250 ribu bangsa Yahudi tewas antara tahun 1942 dan 1943. Lalu pada 1943 budak Yahudi berusaha melakukan oemberontakan dengan menyerang beberapa anggota SS dan penjaga Ukraina. Namun mereka kembali berhasil tertawan, dan akhirnya tewas atau dibunuh saat mencoba melarikan diri.

Sementara di pabrik baru IG Farben yang memproduksi minyak dan karet, puluhan ribu budak Yahudi akhirnya tewas karena kondisi kerja yang brutal dan kebiadaban para penjaga. Mereka juga tersiksa karena menjadi kelinci percobaan obat-obatan.

Pada hari ini tahun 1960 getaran pertama gempa bumi mengagetkan penduduk Valdivia, Chile. Setelah getaran kecil berakhir, ternyata disusul gempa yang sesungguhnya. Hingga menewaskan 5.000 orang dan dua juta penduduk kehilangan tempat tinggal.

Ternyata gempa dengan kekuatan 7,6 skala richter itu baru foreshock. Pada pukul 15.11 sore waktu setempat gempa bumi yang lebih kuat, berkekuatan 8,5 SR mengguncang Chile Selatan. Pusat getaran itu berada tepat di lepas pantai di bawah Samudera Pasifik. Di sana, lempeng samudera Nasca jatuh sejauh 50 meter di bawah lempeng Amerika Selatan.

Gempa itu juga menyebabkan longsor di kawasan pegunungan sekitarnya. Dan juga serangkaian tsunami di wilayah pesisir Chile. Ombak tinggi menabrak pantai pada pukul 04.20 pagi dan menghantam sebagian besar bangunan.

Beberapa menit kemudian ombak yang lebih besar, setinggi 35 kaki berguling lebih lambat. Tsunami ini menewaskan lebih dari 1.000 orang, termasuk mereka yang mengira sudah mengamankan diri di tempat yang lebih tinggi.

Setelah meninggalkan Chile, tdunami bergerak ratusan mil ke arah barat menuju Hawaii, Filipina dan Jepang. Yang dilaporkan memakan ratusan korban jiwa. Ombak tsunami ini melambung bolak balik di Samudera Pasifik selama sepekan. Gempa susulan juga terus terjadi selama sebulan pascagempa utama.

Pada hari ini tahun 1881 aktivis kemanusiaan Clara Barton dan Adolphus Solomons mendirikan Palang Merah Nasional Amerika di Washington DC. Sebuah organisasi yang didirikan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban perang dan bencana kemanusiaan sesuai dengab Palang Merah Internasional.

Barton berpengalaman dalam bantuan kemanusiaan. Ia dijuluki sebagai malaikat dari medan perang saat aktif menyelamatkan korban selama Perang Saudara Amerika. Demikian pula saat perang antara Prancis dan Jerman pada tahun 1870. Ia bergabung dengan Palang Merah Internasional untuk membantu korban perang.

Pada tahun 1873 ia kembali ke Amerika. Empat tahun kemudian ia memimpin Palang Merah Internasional cabang Amerika. Lalu mendirikan Palang Merah Nasional Amerika, di mana ia telah berusia 80-an saat memimpin organisasi tersebut. Pada tahun 1900 Palang Merah Nasional Amerika mendapatkan piagam federal AS pertamanya. 

 
Berita Terpopuler