Sejarah Hari Ini: Galaksi Messier 64 Alias Mata Hitam Ditemukan

astroimages.de
Galaksi Mata Hitam yang juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4826 ditemukan oleh Edward Pigott.
Rep: Lida Puspaningtyas Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini tahun 1779, Galaksi Mata Hitam yang juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4826 ditemukan oleh Edward Pigott. Secara independen, galaksi ini juga dikenali oleh oleh Johann Elert Bode pada 4 April tahun yang sama, serta Charles Messier pada 1780.

Galaksi ini memiliki sebuah jalur debu penyerap gelap yang spektakuler di depan inti cerah galaksi sehingga ia punya julukan "Mata Hitam" atau "Mata Setan".

M64 terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Galaksi ini merupakan galaksi spiral di rasi bintang Coma Berenices.

Medium antarbintang Messier 64 terdiri dari dua cakram putar lawan yang kira-kira sama massanya. Di dalam cakram berisi jalur debu yang menonjol dari galaksi ini.

Populasi bintang galaksi menunjukkan tidak ada yang terdeteksi berputar lawan. Kemungkinan skenario pembentukan mencakup peleburan dengan galaksi satelit yang kaya gas dalam orbit sungsang, atau terus tumbuhnya awan gas dari medium intergalaktik.

Selanjutnya: Pasien Jantung Buatan Pertama Meninggal

Hari ini pada 1983 silam, pasien dengan jantung buatan, Barney Clark meninggal. Ia jadi pasien penerima jantung buatan permanen pertama di dunia 112 hari sebelumnya.

Clark adalah seorang dokter gigi berusia 61 tahun. Ia menghabiskan empat bulan sisa hidupnya di rumah sakit University of Utah Medical Center di Salt Lake City.

Pada akhir abad 19, peneliti mulai mengembangkan pompa untuk mendukung pacu jantung. Pada 1953, mesin jantung dan paru-paru buatan berhasil diterapkan dalam sebuah operasi.

Prosedur dan mesin tersebut adalah cikal bakal mesin pacu jantung yang digunakan saat ini. Mesin tersebut mengambil alih fungsi jantung dan paru-paru selama beberapa saat yang diperlukan.

Pada akhir 1960-an, alat ini dikembangkan sebagai jantung buatan yang bisa menggantikan fungsinya langsung. Ini karena banyak permintaan transplantasi jantung namun tidak ada yang tersedia.

Ribuan orang tewas setiap tahun karena menunggu transplantasi jantung. Hingga akhirnya pada 1969, dokter bedah Denton Cooley melakukan transfer jantung buatan pada seorang pasien yang sudah hampir tak tertolong, Haskell Karp.

Saat itu, operasi berjalan tidak lancar dan Karp meninggal karena infeksi. Tujuh orang lainnya menjalani prosedur serupa namun kembali gagal. Hingga pada 1982, tim dokter William C DeVries menerapkan Jarvik-7, jantung buatan pada Clark. Ia bertahan selama 112 hari.



Hari ini pada 1998, James Cameron menerima Oscar sebagai sutradara terbaik. Titanic garapannya mendominasi ajang film Hollywood tersebut. Titanic memecahkan rekor sebagai film yang paling banyak menerima nominasi, yakni 14.

Saat itu, saingannya adalah Aliens, The Abyss dan Terminator. Film Titanic sendiri jadi film dengan biaya yang diproduksi melebihi anggaran. Yang awalnya hanya 100 juta dolar jadi 200 juta dolar. Produksinya dilakukan di Meksiko.

Saat dirilis sebelum Natal 1997, Titanic jadi monster hits yang merajai box office selama enam bulan berturut-turut. Ia jadi film pertama yang mendapatkan keuntungan kotor hingga satu miliar dolar AS secara internasional.

 
Berita Terpopuler