Ini Fakta Soal Fidel Castro

Fidel Castro
Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro yang berkuasa di negara ini sejak revolusi 1959 dan mengubah negeri ini menjadi komunis semasa lima dekade berkuasa di Kuba, meninggal dunia dalam usia 90 tahun, umum televisi Kuba seperti dikutip Reuters.

Berikut adalah fakta-fakta Fidel Castro:

1. Fidel Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan merupakan kepala negara ketiga terlama di dunia yang berkuasa setelah Ratu Elizabeth dari Inggris dan Raja Thailand. Dia untuk sementara menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul pada Juli 2006 setelah menjalani bedah usus. Pengalihan kekuasaan menjadi resmi pada 2008.

2. Pada tahun-tahun terakhirnya, Castro kadang muncul di muka publik dan dan dalam video atau foto yang biasanya saat bertemu dengan tamu. Dia menulis ratusan artikel untuk media resmi pemerintah. Bungkuk dan sudah susah berjalan, Castro terakhir terlihat di muka publik dua kali pada 2012 dan dua kali pada 2013. Dia terlihat di depan publik pada 8 Januari 2014, pada pembukaan sebuah pusat kebudayaan, kendati foto-foto para tamu kehormatan di rumah Castro muncul setelah itu.

 
Berita Terpopuler