Ini Tiga Muslim Terkaya di Dunia pada 2016

Aljazeera
Pangeran Alwaledd bin Talal.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Forbes telah mengeluarkan daftar orang terkaya dunia pada 2016. Di antara nama 100 orang terkaya di dunia, terdapat di antaranya yang beragama Islam. Berikut tiga Muslim terkaya di dunia.

Kekayaan Pangeran Alwaleed mencapai 17,3 miliar dolar Amerika Serikat. Ia menduduki peringkat ke-41 orang terkaya di dunia. Salah satunya perusahannya bergerak dalam bidang investasi.

Pria berkebangsaan Saudi ini memiliki saham cukup besar di perusahaan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Mayoritas melalui Kingdom Holding Co.

Holding memegang saham di Twitter, Citigroup, Hotel Four Season, Hotel George V di Paris, Hotel Savoy di London, dan sektor lain di real estate. Pangeran juga memiliki bisnis media di Timur Tengah.

Aliko Dangote memiliki kekayaan hingga 15,5 miliar dolar AS. Ia merupakan CEO Dangote Grup yang bergerak dalam industri semen, garam, dan tepung. Jebolan Universitas Al-Azhar ini merupakan orang terkaya di Nigeria dan berada di peringkat 51 orang terkaya di dunia.

Kekayaan Alisher Usmanov mencapai 12,5 miliar dolar AS. Pria berkewarganeraan Rusia ini memiliki perusahaan pada sektor baja, investasi, dan telekomunikasi.

Ia berada di peringkat ke-73 orang terkaya di dunia pada 2016. Ia memiliki perusahaan baja besar Metalloinvest, serta dua perusahaan raksasa telekomunikasi Rusia, MegaFon dan Kommersant.

Ia juga menanam modalnya di perusahaan telepon Cina, Xiaomi, dan perusahaan niaga elektronik Alibaba. Usmanov juga memiliki saham di tim sepak bola Inggris, Arsenal.

 
Berita Terpopuler