6 Bahan Alami Terbaik untuk Pewarna Rambut

annemariegianni
Mewarnai rambut
Rep: Puti Almas Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, Para perempuan umumnya suka untuk mewarnai rambut. Selain memberi kesan yang berbeda, mewarnai rambut menjadi salah satu solusi untuk mempercantik diri dan mengatasi kebosanan dengan gaya rambut yang dimiliki.

Namun, mewarnai rambut dengan bahan-bahan kimia, seperti yang ditawarkan di salon dan produk pewarna yang dijual di supermarket menimbulkan efek samping, diantaranya adalah kerusakan rambut, seperti kusam, kering, dan mudah rontok.

Sebenarnya, ada cara untuk mewarnai rambut secara alami. Dengan bahan-bahan non kimia, dipastikan tak akan ada efek buruk yang timbul di setiap helai rambut dan pastinya membuat Anda para Kaum Hawa dapat tampil percaya diri.

Dilansir Bold Sky, inilah cara terbaik untuk mewarnai rambut secara alami :

1. Teh

Teh memiliki kandungan untuk mewarnai rambut, khususnya rambut yang beruban. Teh hitam serta chamomile bisa menjadi pilihan.

Gunakan cairan teh yang dingin di rambut dan biarkan selama beberapa saat. Semakin lama Anda mendiamkannya, maka semakin kuat hasil warna yang tampak.



Kopi dapat digunakan untuk mewarnai rambut. Dengan formula yang terkandung di dalamnya, kopi bisa membantu menghitamkan rambut yang beruban.

Caranya, persis seperti menggunakan teh. Namun, ada baiknya Anda membilas rambut dengan cuka sari apel agar hasil warna lebih tahan lama.






Henna merupakan salah satu produk pewarna rambut yang banyak dijual di pasaran. Menariknya, henna dibuat dari bahan alami.

Anda bisa mencampur henna dengan ramuan teh dan oleskan ke rambut. Diamkan selama beberapa jam, hasilnya warna rambut berubah dan dipastikan tahan lama.




Jus buah bit yang dicampurkan dengan minyak kelapa bisa memberi efek kepada rambut. Dengan mengaplikasikan kedua bahan ini, Anda bisa mendapatkan rambut seperti habis tonning di salon.




Jus lemon terbukti memiliki kandungan pencerah untuk kulit. Menariknya, ini juga berlaku untuk rambut.

Aplikasikan ke rambut dan Anda bisa mendapatkan hasil warna yang setingkat lebih cerah. Kemudian, bilas setelah didiamkan beberapa saat.





Jus wortel dapat menjadi bahan alami untuk membuat rambut berwarna kemerahan. Aplikasikan ke setiap helai rambut yang diinginkan, diamkan setidaknya selama 1 jam. Bilas seperti biasa dan ulangi hingga Anda mendapat hasil yang diinginkan.







Kulit kacang walnut bisa digunakan sebagai bahan pewarna rambut. Hancurkan kulit kacang kecil ini kemudian rebus dengan air.

Setelah mendidih, diamkan hingga menjadi dingin dan oleskan ke rambut Anda. Diamkan beberapa saat dan Anda akan mendapat hasil warna cokelat gelap yang natural.




 
Berita Terpopuler