Tahanan Muslim Berjenggot Hingga Makam Ratu Firaun

dok Kare
Lauretta Taggert
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah peristiwa unik terjadi sepanjang tahun 2015, tidak terkecuali kejadian-kejadian unik yang terjadi pada awal 2015.

Pada Januari 2015, ada peristiwa yang membahagiakan bagi umat Islam khususnya umat muslim Amerika. Tahanan penjara Arkansas  yang beragama Islam, akhirnya diperbolehkan memiliki jenggot sesuai keyakinannya.

Ada juga nenek berusia 100 tahun yang tetap eksis di dunia per-facebook-an. Berikut sejumlah peristiwa unik yang terjadi pada Januari 2015. Selamat membaca

Seorang instruktur kebugaran berusia 100 tahun masih berkomunikasi dengan keluarga dan teman-temannya di jejaring sosial Facebook. Menurutnya, usia senja tak berarti ia tak bisa terbuka dan menerima perkembangan teknologi.

Lauretta Taggert baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 100 pada pekan ini. Warga St Paul itu mengatakan, ia tak pernah merasa terlalu tua untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Tak heran nenek satu ini, masih sering membeli buku melalui toko online Amazon. Ia pun mengaku kerap berhubungan dengan keluarga dan teman-temannya di Facebook.

Taggert mengatakan usianya yang telah menginjak satu abad tak berarti membuatnya melemah. Ia bahkan telah menjadi instruktur kebugaran selama 15 tahun terakhir. Taggert menyatakan, sikap selalu bersyukur adalah kuncinya untuk panjang umur.

Manajer properti di kompleks tempat Taggert tinggal, Jana Kyser, menambahkan satu hal lagi yang dapat dipejari dari Nenek Taggert. "Ia (Taggert) pernah mengatakan, Sayang, jangan pernah biarkan rambut kamu menjadi abu-abu," ujar Kyser menirukan ucapan Taggert.

Selanjutnya: Rumah Sakit Plymouth Larang Pengiriman Pizza

Sebuah rumah sakit di Plymouth mengeluarkan kebijakan yang melarang pengiriman Pizza Hut ke fasilitasnya. Pelarangan dilakukan dalam upaya meningkatkan pola makan sehat di lingkungan rumah sakit.

Rumah Sakit Derriford di Plymouth mengatakan, pengiriman makanan seperti pizza tak dianjurkan dilakukan ke rumah sakit. Mereka telah membuat kesepakatan dengan gerai Pizza Hut terdekat. Pizza Hut sendiri belum menanggapi berita tersebut.

BBC News melaporkan, dalam sebuah artikel, rumah sakit mengatakan berkomitmen meningkatkan pola makan sehat. Mereka ingin mempertahankan komitmen untuk meningkatkan pilihan makan sehat bagi staf, pasien, dan pengunjung rumah sakit.

"Sebagai bagian dari pekerjaan kami terkait kebersihan dan kontrol makanan, pengunjung rumah sakit tak dianjurkan membawa makanan dari luar," ungkap pernyataan rumah sakit seperti dikutip buletin mingguan rumah sakit, Vital Signs.

Selanjutnya: Rekaman Pertama Lagu Elvis Presley Dilelang

Lagu rekaman pertama Elvis Presley, My Happiness terjual dalam sebuah lelang seharga 300 ribu dolar AS, Kamis (8/1). Lagu balad pertama Presley tersebut dimenangkan oleh orang yang tak disebutkan namanya.

Lelang dilakukan di Graceland di bekas rumah Presley dengan penawaran pertama sebesar 50 ribu dolar AS. Rekaman My Happiness dilakukan pada 1953 di Sun Records, studio di Memphis yang dioperasikan Sam Phillips.

Presley membayar empat dolar AS untuk merekam lagu tersebut di sana. Seiring berjalannya waktu, Presley meninggalkan Sun dan pergi ke rumah temannya Ed Leek untuk mendengarkan lagu tersebut.

Ia meninggalkan rekaman tersebut di rumah Ed Leek. Baik Presley maupun sanak keluarga tidak memiliki rekaman lagu tersebut. Leek menyimpannya.

Setelah Leek dan istri meninggal, sepupunya mewarisi lagu tersebut. Ia kemudian menghubungi Graceland dan menawarkannya untuk dilelang. Selanjutnya: Arkeolog Mesir Temukan Makam Ratu Firaun

Para arkeolog Mesir menemukan makam seorang Ratu di Abu Sir, bagian selatan Kairo, Senin (5/1). Pihak berwenang Mesir mengatakan hingga saat ini identitas sang Ratu belum dipastikan.

Ratu tersebut diduga adalah istri atau ibu dari Firaun Neferefre yang memerintah 4.500 tahun lalu. Pasalnya, makam ditemukan di kompleks pemakaman Firaun Neferefre.

Menteri benda-benda bersejarah Mesir, Mamdouh el Damaty mengatakan nama ratu adalah Khentakawess karena tertulis di dinding perkuburan. Sehingga, ratu tersebut akan menjadi Khentakawess III.

Kepala misi dari Institute Egyptologi Czech yang membuat penemuan, Miroslav Barta mengatakan lokasi makam membuat mereka yakin ia adalah istri Firaun. Para arkeolog ini juga menemukan sekitar 30 peralatan yang terbuat dari batu kapur dan tembaga.

''Penemuan-penemuan ini akan membantu kita menyibak tabir dinasti kelima yang menyaksikan konstruksi pertama piramida,'' kata el Damanty.

Abu Sir diketahui merupakan wilayah pemakaman Kerajaan Lama untuk ibu kota kuno Mesir di Memphis.

 
Berita Terpopuler