Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

HNW Dorong Indonesia Miliki Atase Keagamaan

Rabu 14 Dec 2016 06:16 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil KEtua MPR Hidayat Nur Wahid

Wakil KEtua MPR Hidayat Nur Wahid

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan Indonesia memerlukan atase keagamaan di luar negeri. Menurut dia, atase keagamaan ini bagian dari perhatian negara kepada warganya di luar negeri.

Saat menjadi pembicara dalam Cordofa Islamic Conference, di Parung, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/12), dia mengatakan selama dirinya melakukan kunjungan keluar negeri, dirinya mendapat masukan dari komunitas Indonesia yang berada di luar negeri. Mereka yang berada di luar negeri merasa kesulitan ketika hendak melakukan pernikahan.

"Saat hendak menikah mereka sering menemui kendala," ujarnya.

Dia membandingkan Kedutaan Besar Malaysia memiliki atase keagamaan. "Mengapa Indonesia tidak memiliki atase keagamaan?" tanya Hidayat Nur Wahid.

Dirinya menceritakan kejadian di Penang, Malaysia, ada yang warga negara Indonesia yang hendak menikah. menikah secara syarat Islam bisa namun menjadi masalah bila tidak bisa tercatat dalam hukum negara.

Untuk itu Hidayat Nur Wahid mendorong agar Indonesia memiliki atase keagamaan. Hidayat Nur Wahid juga mendorong agar para dai yang tergabung dalam Cordofa, yang biasa melakukan dakwah di luar negeri, untuk menyampaikan aspirasi ini kepada wakil rakyat. "Silahkan menyampaikan aspirasi anda," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler