Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Buffon Bahas Periode Kedua Membela Juventus

Kamis 13 May 2021 16:10 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Kiper Juventus Gianluigi Buffon.

Kiper Juventus Gianluigi Buffon.

Foto: Fabio Ferrari / LaPresse via AP
Gianluigi Buffon tidak memperpanjang kontraknya di Juve setelah musim ini berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, SASSUOLO -- Gianluigi Buffon menjadi starter saat Juventus bertemu tuan rumah Sassuolo pada giornata ke-36 Serie A Liga Italia. Juventus menumbangkan I Neroverdi 3-1 di Stadion Mapei, Kamis (13/5) dini hari WIB.

Usai pertandingan, awak media kembali mengonfirmasi keputusan Buffon. Sebelumnya, sang portiere memastikan bakal meninggalkan Bianconeri setelah musim ini berakhir, sesuai kontrak yang terjalin antara mereka. Tak ada perpanjangan kerja sama lagi.

Baca Juga

"Ini pengalaman kedua yang sangat bagus di Juventus. Pada akhirnya saya juga ingin menguji diri saya sebagai seorang pria," kata Buffon, dikutip dari Football Italia.

Pria kelahiran Carrara itu telah memperkuat Juventus sejak 2001 hingga 2018. Selama periode tersebut, ia tampil dalam 656 laga di berbagai ajang.

Setelahnya, Buffon sempat bergabung dengan Paris Saint Germain. Semusim di PSG, Buffon mentas di 25 pertandingan.

Secara mengejutkan, juara dunia 2006 bersama tim nasional Italia ini, balik lagi ke Turin. Pada petualangan keduanya di Bianconeri, ia telah tampil dalam 28 laga di berbagai ajang.

Buffon merasa sudah memberikan segalanya untuk Juventus. Saatnya ia mencoba tantangan lain dalam hidupnya.

"Ketika saya menerima menjadi pilihan kedua, meskipun saya berusia 41 tahun (pada 2019), adalah bentuk rasa hormat yang total dari saya untuk Juventus," ujarnya.

Ia merasa berulang kali mempelihatkan kerendahan hati. Itu salah satu motivasinya sehingga memiliki karier yang panjang sebagai pemain.

Buffon tetap mendapatkan kepercayaan dari rekan setim. Menjadi kiper pelapis, tetap dilakoninya secara profesional.

"Pada akhirnya saya ingin menguji diri saya sendiri. Karena sebelumnya saya tidak pernah berstatus pilihan kedua dan berada di bangku cadangan," tuturnya.

Buffon memiliki kesempatan meraih trofi terakhirnya dalam balutan kostum si Nyonya Tua. Skuat polesan Andrea Pirlo lolos ke final Coppa Italia. Juventus berhadapan dengan Atalanta di Stadion Mapei, Sassuolo, Rabu (19/5) dini hari WIB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA