Sabtu 06 Jan 2024 23:31 WIB

Lift Menara Jembatan Siak Jadi Primadona Wisatawan

Naik lift jembatan Siak memiliki sensasi tersendiri di ketinggian.

Pengunjung ketika naik lift menuju Lobby Menara Jembatan TASL Siak yang dibuka sejak 10 Oktober 2023.
Foto: Pemkab Siak
Pengunjung ketika naik lift menuju Lobby Menara Jembatan TASL Siak yang dibuka sejak 10 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -- Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Riau mencatat jumlah pengunjung yang naik lift Menara Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) menembus angka 2.316 orang sejak dibuka pada 10 Oktober 2023. Lift ini menjadi primadona wisata baru di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Tekad Perbatas Setia Dewa mengatakan dari 10 Oktober-24 Desember 2023 pengunjung berjumlah 1.693 orang. Kemudian, jumlah pengunjung terhitung dari 25 Desember-1 Januari 2024 sebanyak 623 orang.

Baca Juga

"Terdata untuk tiket dewasa terjual kepada 451 orang, sementara untuk anak-anak terjual 172 orang, totalnya berjumlah 623 pengunjung. Kalau kami total keseluruhannya pengunjung lift jembatan, mulai Oktober sampai 1 Januari 2024, berjumlah 2.316 orang," katanya, Sabtu (6/1/2024).

Naik lift jembatan Siak, menurutnya, memiliki sensasi tersendiri dengan perjalanan menuju puncak menara yang berada di tiang luar jembatan. Kemudian, setelah sampai puncak ada ruangan lobi yang berada di ketinggian 76 meter dari permukaan air Sungai Siak.

"Sejak dibuka Pak Bupati Oktober lalu bertepatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak, masyarakat banyak yang penasaran mau naik lift ke menara jembatan," ujarnya.

Melihat antusias masyarakat terus meningkat, Tekad mengatakan ada rencana untuk membuka lift jembatan yang berada di seberang menara satunya lagi. Namun, hal itu tergantung Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Permukiman Siak.

"Rencana ada, namun itu tergantung dinas Pekerjaan Umum karena butuh anggaran yang lumayan besar juga, menyiapkan landscape dan tamannya," katanya.

Pengunjung Lift Jembatan Siak, Rahman (25 tahun) menceritakan pengalamannya baru pertama kali naik. Aktivitas ini sangat memacu adrenalin ketika lift berjalan ke atas, jantung berdetak kencang.

"Namun setibanya di lobi menara jembatan, terbayar penasaran ini. Pemandangan sudut kota Siak dan sungai dari atas cukup indah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement