Senin 18 Dec 2023 22:58 WIB

Radja Nainggolan Debut, Bhayangkara Menang

Penjualan jersey bernomor punggung 10 dengan nama Radja Nainggolan laku.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Bhayangkara Presisi Indonesia FC Radja Nainggolan (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola Persita Tangerang IIchsan Kurniawan (tengah) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (17/12/2023). Bhayangkara FC menang dengan skor 3-0.
Foto: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Bhayangkara Presisi Indonesia FC Radja Nainggolan (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola Persita Tangerang IIchsan Kurniawan (tengah) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (17/12/2023). Bhayangkara FC menang dengan skor 3-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pemain Inter Milan, Radja Nainggolan telah debut di BRI Liga 1 2023/2024 saat membela Bhayangkara FC menghadapi Persita Tangerang pada pekan ke-23 BRI Liga 1, Ahad (17/12/2023). Gelandang itu memulai permainan dari bangku cadangan pada menit ke-56 untuk menggantikan M. Ragil. Debutnya itu ditandai dengan kemenangan 3-0 bagi Bhayangkara FC.

Bhayangkara FC telah resmi mendatangkan Nainggolan untuk setengah musim BRI Liga 1 2023/2024. Kedatangannya diharapkan bisa menaikkan pamor kompetisi yang menggaungkan kampanye #BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola. Ia datang ke Bhayangkara FC dengan nilai kontrak yang cukup besar, yakni Rp 5 miliar lebih.

Baca Juga

Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC Sumardji mengungkapkan alasannya mendatangkan Radja karena ingin menaikkan nilai klubnya. Salah satu yang sudah terasa dampaknya adalah penjualan jersey bernomor punggung 10 dengan nama Radja Nainggolan. Jersey Bhayangkara FC dengan nameset Radja Nainggolan tersebut sudah dijual ke publik begitu sang pemain diperkenalkan ke media, beberapa waktu lalu di GBK, Jakarta. 

"Semoga kehadiran Radja juga bisa menaikkan value Bhayangkara FC," kata Sumardji, dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Senin (18/12/2023). 

Selain itu dengan kedatangan Radja Nainggolan, Sumardji berharap klub-klub lain juga mengikuti jejak Bhayangkara FC dengan mendatangkan pemain berkualitas dunia. "Semoga ini juga membuat klub-klub lain terpacu mendatangkan pemain kelas dunia agar bisa mengangkat level kompetisi Liga 1," ujar Sumardji yang juga anggota Exco PSSI.

Dalam beberapa tahun terakhir, kompetisi sepak bola memang sudah semarak dengan kedatangan pemain-pemain kelas dunia. Sebelum era Liga 1, ada Michael Essien yang membela Persib Bandung. Ada juga Ivan Bosnjak, striker Kroasia di Piala Dunia 2006, yang pernah bermain di Persija Jakarta.

Pada era BRI Liga 1, nama Marco Motta sempat menjadi andalan Persija Jakarta. Motta merupakan mantan pemain Juventus, AS Roma, dan Atalanta serta bagian dari tim nasional Italia. Radja Nainggolan merupakan bintang dunia terbaru yang bermain di Liga 1. Ia memang belum mengetahui BRI Liga 1, tapi dia tahu bahwa bintang dunia pernah bermain di kompetisi ini.

"Saya senang bisa berada di Indonesia saya yakin dan percaya proyek ini. Semoga bisa memberikan yang terbaik di sini. Untuk pertama kalinya, saya belum pernah tahu tentang Liga Indonesia, saya masih mencari tahu," kata Nainggolan. 

Meski begitu, Radja Nainggolan mengaku fokus dengan klub barunya. Ia ingin membawa Bhayangkara FC lolos degradasi dan menjadi juru selamat bagi klub tersebut. "Saya tahu (Michael) Essien pernah main di Indonesia. Saya pernah melawan Essien di Serie A Italia. Saya tahu Marco Motta juga. Namun yang penting fokus dan saya ingin memberikan yang terbaik di liga ini agar Bhayangkara bisa naik posisinya dan tetap terus di Liga 1," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement