Ahad 26 Nov 2023 21:09 WIB

BRI Liga 1: Persib Bandung Pesta Gol di Kandang Dewa United

Persib menaklukkan Dewa United 5-1 dalam lanjutan BRI Liga 1.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Persib Ciro Alves
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Penyerang Persib Ciro Alves

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Persib Bandung berhasil menggeser Bali United di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kemenangan besar tim besutan Bojan Hodak itu saat melawat ke markas Dewa United, 5-1, pada laga pekan ke-20 BRI Liga 1, Ahad (26/11/2023) malam.

Hattrick Ciro Alves dan dua gol yang dicetak David da Silva mewarnai kemenangan besar Persib Bandung dalam lawatan ke Stadion Indomilk Arena tersebut. Sedangkan tim tuan rumah hanya mampu membalas via gol penalti Risto Mitrevski pada pengujung laga.

Baca Juga

Dengan kemenangan ini, Persib berhak mengambil alih peringkat kedua klasemen sementara BRI Liga 1 dengan raihan 38 poin dari 20 laga. Maung Bandung unggul dua poin atas Bali United, yang turun ke peringkat ketiga. Persib terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen sementara, Barito Putera, yang baru menjalani 19 pertandingan.

Hasil ini juga membawa Persib Bandung kembali ke trek kemenangan. Pada laga terakhir, tepatnya sebelum jeda internasional, dua pekan lalu, Persib harus rela memetik satu poin usai ditahan imbang Arema FC 2-2. Selain itu, Persib melanjutkan rekor impresif dengan tidak terkalahkan dalam 13 laga secara beruntun.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Dewa United tertahan di peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1. The Deity Warriors pun belum mampu bangkit dan memperpanjang rekor buruk dengan tanpa torehan satu pun kemenangan dalam empat laga terakhir.

Jalannya pertandingan

Persib Bandung mengawali laga dengan gol cepat, tepatnya pada menit kelima. Ciro Alves berada di posisi yang tepat saat memanfaatkan kemelut di depan gawang Dewa United. Winger asal Brasil itu menyambar bola hasil halauan kiper dan barisan pemain bertahan Dewa United atas sepakan David da Silva.

Tertinggal saat laga baru berjalan lima menit, Dewa United langsung berusaha mengendalika permainan dan terus menekan pertahanan tim tamu. Serangan tim tuan rumah banyak bertumpu pada kecepatan Majed Othman disi sayap kiri.

Pun dengan upaya overlapping, yang kerap dilakukan bek sayap kanan Ady Setiawan. Sedangkan di lini tenga, Ricky Kambuaya terus berusaha mengalirkan bola dan mencari celah di lini belakang bekas timnya tersebut.

Persib cenderung pasif dan menunggu serangan Dewa United. Kendati begitu, Maung Bandung justru mampu menebalkan keunggulan pada menit ke-31.

Ciro mencetak gol kedua di laga ini. Setelah menerima operan dari Dedi Kusnandar, Ciro yang biasa beroperasi di sisi kiri penyerangan merangsek ke depan kotak penalti. 

Aksi ini kemudian ditutup Ciro dengan sepakan mendatar terarah ke pojok kanan bawah gawang Dewa United. Kiper tim tuan rumah, Sonny Stevens, terlambat dalam mengantisipasi dan menghalau bola hasil sepakan winger berusia 34 tahun tersebut.

Keunggulan dua gol Persib atas Dewa United pun bertahan hingga babak pertama usai.

Seperti halnya pada babak pertama, Maung Bandung membuka babak kedua dengan gol cepat. Kali ini, giliran David da Silva yang merobek gawang tim tuan rumah pada menit ke-48. Da Silva sukses menyelesaikan umpan dari Alves. Ini menjadi gol ke-13 Da Silva di pentas Liga BRI 1 musim ini. 

Dewa United bukan tanpa usaha untuk membalas. Tim besutan Jan Olde Riekerink itu mendapatkan kesempatan via tendangan bebas dari luar kotak penalti, yang berujung pada kemelut di mulut gawang Persib. Namun, pemain bertahan Pangeran Biru masih bisa menghalau bola.

Sebuah serangan balik cepat yang didapat Persib berbuah maksimal. Ciro, yang mendapatkan umpan terobosan di lapangan tengah, langsung merangsek ke dalam kotak penalti. Kambuaya yang berusaha membayangi pergerakan Ciro terlihat menarik badan lawannya saat berada di kotak penalti.

Wasit pun langsung menunjuk titik putih dan memberikah hadiah penalti buat Maung Bandung pada menit ke-62. Ciro dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti tersebut. Meski tendangan penalti itu sempat diulang, Ciro berhasil menaklukkan Stevens untuk ketiga kalinya di laga ini.

Miskomunikasi antara pemain bertahan Dewa United berakibat fatal pada menit ke-68. Edo Febriansyah berhasil merangsek ke dalam kotak penalti. Edo pun sempat mengirimkan umpan tarik, yang bisa dihalau. Namun, para pemain bertahan Dewa United malah saling menunggu dalam menghalau bola udara.

Edo berhasil menyambar bola tersebut dan memberikan operan ke Da Silva. Tanpa kesulitan, penyerang asal Brasil itu mengarahkan bola ke gawang yang sudah kosong. Lima gol sudah bersarang di gawang The Deity Warriors saat babak kedua belum memasuki pertengahan babak.

Tim tuan rumah mendapatkan peluang emas via sepakan Feby Eka Putra dari dalam kotak penalti. Namun, bola hasil sepakan salah satu pemain pengganti tersebut masih melambung di atas mistar gawang Persib. Begitu pula dengan kegagalan Alex Martins memanfaatkan sejumlah peluang di depan mulut gawang Persib.

Selain cenderung terburu-buru dalam menyelesaikan serangan, para pengawa Dewa United juga kerap kesulitan untuk mengatasi solidnya penampilan lini belakang Persib. Dewa United akhirnya baru benar-benar mampu merobek gawang tim tamu pada menit ke-88. Pelanggaran terhadap Martins berbuah hadiah tendangan penalti buat Dewa United.

Risto Mitrevski, yang ditunjuk sebagai algojo, mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Persi Bandung. Kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam, sempat bergerak ke arah yang tepat. Namun, laju bola hasil sepakan Mitrevski itu lebih cepat dan bersarang di gawang Maung Bandung. Satu-satunya gol balasan Dewa United itu sekaligus menjadi gol terakhir pada laga ini.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement