Selasa 14 Nov 2023 21:24 WIB

Ederson Dipastikan Absen dari Skuad Brasil di Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Penjaga gawang Man City berusia 30 tahun itu mengalami cedera kaki.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
KIper Manchester City dan timnas Brasil, Ederson.
Foto: AP/JOSE BRETON
KIper Manchester City dan timnas Brasil, Ederson.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILLIA -- Penjaga gawang Manchester City, Ederson, tidak akan memperkuat Timnas Brasil saat melakoni dua laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan. Ederson mengalami cedera kaki kala Man City ditahan imbang Chelsea, 4-4, pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu.

Kendati bisa menyelesaikan laga di Stadion Stamford Bridge itu, Ederson sempat mengeluhkan rasa sakit di bagian kakinya. Akhirnya setelah mendapatkan pemeriksaan lanjutan oleh tim medis Man City, penjaga gawang berusia 30 tahun itu mengalami cedera kaki.

Baca Juga

Dokter Timnas Brasil, Rodrigo Lasmar, pun telah mendapatkan laporan terkini terkait cedera Ederson tersebut. Sulit buat Ederson untuk bisa pulih tepat waktu dan memperkuat tim Selecao di jeda internasional ketiga pada musim ini.

''Dia mengalami cedera kaki pada akhir laga (Chelsea vs Man City). Meski bisa melanjutkan laga, rasa sakit itu semakin terasa. Kakinya mengalami pembengkakan. Tim pelatih akhirnya mengambil opsi untuk mencari pemain pengganti,'' ujar Lasmar seperti dikutip Daily Mail, Selasa (14/11/2023).

Sebagai pengganti Ederson, pelatih Timnas Brasil, Fernando Diniz, telah memanggil penjaga gawang Athletico Paranaense, Bento. Pasca-gelaran Piala Dunia 2022, Ederson memang menjadi pilihan utama pelatih Fernando Diniz untuk mengawal gawang Selecao. Ederson mampu menggeser penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker.

Ederson, yang telah mengemas 25 caps bersama Timnas Brasil, dipercaya tampil di tujuh laga terakhir Tim Samba, termasuk empat partai awal babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan (CONMEBOL).

Namun, dengan cedera kaki tersebut, Ederson akan absen di dua laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026, termasuk saat Brasil berhadapan dengan seteru sengitnya di kawasan Amerika Selatan, Argentina, Rabu (22/11/2023) pagi WIB.

Sebelum berduel dengan juara edisi terakhir Piala Dunia tersebut, Brasil dijadwalkan melawat ke markas Kolombia, Jumat (17/11/2023) pagi WIB. Negara tersukses di pentas Piala Dunia itu pun menatap dua laga tersebut dengan catatan minor.

Selecao gagal memetik kemenangan di dua laga terakhir, tepatnya saat ditahan imbang Venezuela, 1-1, dan dibekap Uruguay, 0-2. Kegagalan memetik poin penuh di dua laga tersebut membuat Brasil melorot ke peringkat ketiga klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement