Jumat 27 Oct 2023 16:11 WIB

Diwarnai Kericuhan, Babak Pertama Persik Imbang 0-0 Lawan Persebaya

Situasi sempat memanas setelah wasit menganulir penalti untuk Persik Kediri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah pesepak bola Persik Kediri di Liga 1 Indonesia.
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Sejumlah pesepak bola Persik Kediri di Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persik Kediri ditahan imbang saat menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya Kediri, Jumat (27/10/2023). Derbi Jawa Timur (Jatim) sedikit memanas dengan penalti yang diberikan kepada Persik Kediri dianulir setelah diskusi dengan wasit pinggir lapangan.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Persebaya bermain agresif sejak menit awal. Bajul Ijo menekan di sepuluh menit pertama, tapi belum ada peluang yang berhasil dilancarkan ke gawang Dikri Yusron. Sementara, tuan rumah lebih sering menggunakan serangan balik untuk mengancam pertahanan Persebaya.

Baca Juga

Pada menit ke-10 Persik juga memiliki peluang. Itu tercipta dari situasi tendangan pojok. Hamra Hehanusa menyambut umpan dengan tandukan yang berhasil diarahkan ke gawang, tapi upaya itu masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper Ernando Ari.

Sejurus kemudian, peluang emas dimiliki striker Persik Flavio Silva. Namun, ia gagal menanduk bola ke gawang kosong yang telah ditinggalkan Ernando. Ia salah perhitungan dengan meninggalkan posisinya untuk meninju umpan jauh dari Supriyadi, tapi bola justru mengarah ke Flavio. Beruntung bagi Persebaya, tandukan Flavio meleset di atas mistar.

Di menit ke-25, Pahabol gagal mengeksekusi umpan silang dari Supriadi di sisi kiri serangan. Pahabol gagal memaksimalkan peluang di depan gawang saat ia sudah membuka ruang. Tandukan Pahabol justru mengarah keluar kotak penalti.

Tempo permainan sedikit lebih menurun pada 15 menit terakhir. Peluang dimiliki Persebaya di menit ke-43, itu tercipta dari Ze Valente dengan tendangan placing kaki kiri ke tiang jauh. Namun, upayanya masih membentur tiang gawang Persik.

Dua menit berselang, tuan rumah mendapat hadiah penalti. Benturan Song Ui-young dianggap melanggar Bayu Otto di area terlarang. Namun, setelah berkomunikasi dengan asisten wasit, keputusan itu dicabut. Derbi Jatim pun diwarnai dengan sedikit kericuhan.

Susunan pemain kedua tim:

Persik (4-3-3): Dikri Yusron; Yusuf Meilana, Anderson, Al Hamra Hehanusa, Simon Lyngbo; Adi Eko Jayanto, Rohit Chand, Krisna Bayu Otto; Yohanes Pahabol, Flavio Silva, Muhammad Supriyadi.

Pelatih:  Marcelo Rospide

Persebaya (4-3-3): Ernando Ari; Song Ui-young, Riswan Lauhin, Ripal Wahyudi, Reva Adi Utama; Sho Yamamoto, Ze Valente, Andre Oktaviansyah; Paolo Victor, Bruno, Kasim Botan.

Pelatih: Josep Gombau.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement