Selasa 24 Oct 2023 18:56 WIB

Demi Memutus Tren Negatif, Pelatih Persebaya Minta Pemain Lebih Konsentrasi

Josep Gombau menekankan dua hal penting yang harus diingat penggawa Persebaya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
 Pelatih Persebaya Surabaya Josep Gombau (kiri) bersama kapten tim Reva Adi Utama (kanan) foto bersama usai konferensi pers di Surabaya, belum lama ini.
Foto: ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin.
Pelatih Persebaya Surabaya Josep Gombau (kiri) bersama kapten tim Reva Adi Utama (kanan) foto bersama usai konferensi pers di Surabaya, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persebaya Surabaya belum keluar dari tren negatif dalam tiga laga terakhir BRI Liga 1 2023/2024. Kekalahan yang dialami Bajul Ijo 1-3 dari Bali United pada pekan ke-16 menambah catatan menjadi tiga laga beruntun tanpa kemenangan.

Pelatih Persebaya Josep Gombau memastikan telah mengevaluasi tim dari laga sebelumnya menjelang laga tandang melawan Persik Kediri di pekan ke-17.

Baca Juga

"Kami memiliki waktu untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya. Pada hari Jumat, kami harus memastikan bahwa kami berada dalam kondisi yang baik dan tampil kompetitif di pertandingan berikutnya," kata pelatih asal Spanyol itu, seperti dilansir Liga Indonesia Baru, Selasa (24/10/2023).

Josep menekankan dua hal penting yang harus diingat Bruno Moreira dkk. Pertama, yaitu pemain harus menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan. Kemudian yang kedua, ia meminta pemain agar lebih konsentrasi agar bisa bermain bagus sehingga meraih hasil maksimal.

"Karena jika melihat gol-gol yang dicetak oleh tim lawan, lebih banyak berasal dari kesalahan kami daripada aksi bagusnya. Sehingga kami harus memastikan bahwa kami menghindari kesalahan-kesalahan tersebut," ujar Josep menjelaskan.

Josep mencontohkan kesalahan yang dilakukan anak asuhnya adalah saat melawan Dewa United. Ia menilai Persebaya bermain bagus dalam 30 menit awal dan bisa memetik keunggulan lebih dulu melalui gol Ripal Wahyudi. Namun, situasi berbalik setelah Persebaya kehilangan satu pemain karena Arief Catur diganjar kartu merah langsung.

"Pertandingan itu saya pikir kami bermain dengan baik, tetapi setelah 30 menitan, kami hanya bermain dengan 10 orang dan ini menghukum kami, dan kami tidak menang karena hal tersebut, harus konsentrasi," tegas Josep.

Laga selanjutnya Persebaya akan kembali menjalani laga away. Tim akan menghadapi tuan rumah Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (27/10/2023).

Josep berharap pada laga bertajuk derbi Jatim ini, Bajul Ijo dapat memutus tiga pertandingan tanpa kemenangan. Apalagi pemain asing Sho Yamamoto yang sempat mengalami cedera engkel berangsur pulih.

"Sekarang yang terpenting adalah kami harus bekerja keras untuk mempersiapkan pertandingan. Sho juga sudah berlatih. Ini merupakan kabar yang sangat bagus. Ia mengalami masalah engkelnya saat pertandingan, namun ia sudah pulih," ujar pelatih berusia 47 tahun itu.

Saat ini Persebaya berada di posisi ke-9 klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 dengan perolehan 22 poin.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement