Sabtu 21 Oct 2023 21:24 WIB

Diwarnai Gol Bunuh Diri, Borneo FC Imbang 1-1 Kontra Persib Bandung

Borneo gagal menang setelah Agung Prasetyo mencetak gol bunuh diri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah pemain Persib Bandung melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam lanjutan laga Liga 1 2023/2024.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah pemain Persib Bandung melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam lanjutan laga Liga 1 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borneo FC ditahan imbang saat menghadapi Persib Bandung pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (21/10/2023) malam WIB. Borneo yang unggul lebih dulu melalui gol Leo Guntara, harus menerima hasil imbang dari gol bunuh diri Agung Prasetyo.

Borneo FC mencoba mengatur ritme permainan di menit-menit awal pertandingan. Percobaan pertama dilakukan Adam Alis di menit ketiga dengan tembakan jarak jauh. Tapi itu masih belum menemui sasaran.

Baca Juga

Setelah serangan bertubi-tubi, Borneo akhirnya memetik keunggulan di menit ke-15. Percobaan tembakan dari Fajar Fathurrahman berhasil diblokir Teja. Tapi serangan tidak berhenti, gol berhasil diciptakan oleh Leo Guntara dari tembakan dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Sihran mempunyai peluang untuk menggandakan keunggulan di menit ke-23 saat ia mencoba mengeksekusi bola yang dikuasainya di area kotak penalti Persib. Namun tendangan kaki kiri Sihran masih meleset tipis di atas mistar gawang. Tiga menit berselang, tandukan Terens nyaris menambah keunggulan Borneo, tapi itu meleset.

Tim tuan rumah bermain lebih nyaman tapi juga tetap menggempur pertahanan Persib. Borneo terus menyulitkan pertahanan Persib. Sementara, Persib lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk menciptakan peluang. Namun skor bertahan 1-0 untuk Borneo hingga turun minum.

Persib memulai babak kedua dengan lebih agresif. Tim tamu terus merangsek ke depan untuk membongkar pertahanan Borneo. Peluang sempat dimiliki David Da Silvasaat ia mendapat bola kejutan yang disambut dengan tandukan, tapi upaya itu masih meleset dari sasaran.

Persib menekan secara terus menerus untuk menyamakan kedudukan. Setelah beberapa upaya belum mengarah ke gawang, penyelamatan juga dilakukan Nadeo dari percobaan Putu Gede di menit ke-63. Sejurus kemudian, tandukan David masih membentur mistar gawang dari situasi tendangan sudut.

Persib masih kesulitan menembus pertahanan Borneo. Meskipun mampu memberikan ancaman ke gawang, tapi Nadeo Argawinata mampu menyelamatkan gawangnya di menit ke-66 dari sepakan keras Marc Klok di kotak penalti. Sepuluh menit berselang, Nadeo lagi-lagi melakukan penyelamatan penting dari tendangan bebas yang dieksekusi Marc Klok.

Persib akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-86. Gol itu tercipta dari situasi bola mati. Agung Prasetyo mencetak gol ke gawangnya sendiri dengan tandukan saat ia bermaksud membuang tendangan bebas Arsan. Skor imbang 1-1 bagi kedua tim bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

Susunan pemain kedua tim:

Borneo FC: Nadeo Argawinata, Leo Guntara, Leonardo Lelis, M. Fajar Fathurrahman, Silverio Da Silva, Adam Alis, Kei Hirose, A. Nur Hardianto, M. Esihran, Stefano Lilipaly dan Terens Puhiri.

Cadangan: Hendro Siswanto, Agung Prasetyo, Angga Saputro, Iksan Nul Zikrak, M. Taufany, Rivaldo Pakpahan, Jelle Goselink, Win Naing Tun, Rizky Dwi Febrianto dan Arya Gerryan.

Pelatih: Pieter Huistra

Persib Bandung: Teja Paku Alam, Alberto Rodriguez, I Putu Gede Juni Antara, M. Rezaldi Hehanussa, Nick Kuipers, Beckham Putra Nugraha, Dedi Kusnandar, Levy Madinda, Marc Klok, Ciro Alves dan David Da Silva.

Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa, Achmad Jufroyanto, Kakang Rudianto, Victor Igbonefo, Ryan Kurnia, Ferdiansyah, Robi Darwis, Arsan Makarin, Frets Butuan, dan Ezra Walian.

Pelatih: Bojan Hodak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement