Jumat 20 Oct 2023 17:01 WIB

Kalahkan Persebaya, Bali United Naik ke Posisi Kelima Klasemen BRI Liga 1

Bali United menaklukkan Persebaya 3-1 di Gianyar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Bali United Privat Mbarga.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Pesepak bola Bali United Privat Mbarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bali United sukses mengamankan tiga poin saat menjamu Persebaya Surabaya pada laga lanjutan pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (20/10/2023) petang. Privat Mbarga mencetak brace dalam kemenangan 3-1 atas Persebaya Surabaya. 

Hasil ini mendongkrak posisi Bali United satu tingkat ke peringkat lima. Serdadu Tridatu mengoleksi nilai 27 dari 17 laga. Sementara Persebaya tertahan di posisi delapan dengan nilai 22.

Baca Juga

Bali United sejak awal menunjukkan tak mau kehilangan poin pada laga ini. Sementara Persebaya juga menunjukkan hasrat untuk membawa pulang angka dari Bali.

Tuan rumah langsung menggebrak sejak kick-off. Namun upaya serangan pertama yang dilancarkan Bali United masih dapat dihentikan lini pertahanan Persebaya. Tim Bajul Ijo membalas dengan mengancam pertahanan Bali United. Namun upaya Persebaya masih bisa dibendung. 

Percobaan pertama ke gawang dilancarkan Persebaya pada menit ketiga leeat skema serangan balik. Bruno Moreira menerima umpan terobosan dari sisi kiri. Ia kemudian melepas umpan tarik yang disambut dengan baik oleh Ze Valente. Namun bola masih dapat diblok oleh kiper Adilson Maringa.

Sejurus kemudian, Valente kembali melepaskan tembakan tapi meleset tipis dari gawang.

Kedua tim bermain menyerang dan saling jual beli serangan pada awal pertandingan ini. Bali United lebih banyak membangun serangan dari bawah, sementara Persebaya memanfaatkan serangan balik. Transisi cepat Persebaya memaksa Rashid menarik baju Moreira yang berbuah kartu kuning pada menit ketujuh. 

Serdadu Tridatu baru melepaskan tembakan tepat sasaran pertama pada menit ke-12. Eber Bessa mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti dengan mengarahkan bola langsung ke gawang. Namun aksinya masih dapat diamankan oleh Andhika Ramadhani.

Dusan kemudian melakukan pelanggaran keras kepada Eber Bessa yang hendak melancarkan serangan balik. Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua dalam pertandingan tersebut untuk Dusan. Peluang dimiliki Sho Yamamoto pada menit ke-18. Namun tandukannya saat menyambut umpan di kotak penalti masih dapat ditahan oleh Maringa. 

Bali United menggetarkan gawang Persebaya pada menit ke-29. Berawal dari Rashid yang melepaskan tembakan jarak jauh, bola mengarah tepat ke gawang. Andhika bisa menepis, tapi bola rebound kemudian disambut oleh Irfan Jaya yang berhasil menggetarkan gawang mantan timnya. Ternyata, gol dianulir karena Irfan sudah berada dalam posisi offside. 

Sejurus kemudian giliran Stevanovic yang memberikan ancaman ke gawang Bali United saat membelokan tendangan sepak pojok ke gawang. Namun percobaannya masih meleset dari sasaran. 

Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-41 dari situasi sepak pojok. Privat Mbarga datang dari belakang tanpa kawalan pemain Persebaya. Ia sentuhan Rashid di mulut gawang untuk menjebol gawang Persebaya. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Persebaya menggempur pertahanan Bali United di menit-menit akhir babak pertama. Namun setelah tambahan dua menit berakhir, tidak ada perubahan di papan skor. Tuan rumah sementara unggul 1-0 di paruh pertama.

Pada babak kedua Persebaya bermain lebih agresif. Mereka menekan lini pertahanan Bali United. Persebaya akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-48. Gol tercipta dari umpan tendangan bebas Ze Valente yang disambut dengan tandukan terbang oleh Stevanovic. Skor 1-1.

Lima menit berselang, Bali United mengembalikan keunggulan di menit ke-54. Itu tercipta dari serangan balik cepat setelah mendapat tekanan di area kotak penalti. Privat Mbarga mencetak brace setelah merebut bola melewati dua pemain belakang Persebaya. Skor 2-1 untuk Bali United. 

Tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti di menit ke-75 saat Privat dilanggar Valente di area terlarang. Jefferson Assis yang masuk dari bangku cadangan berhasil menyelesaikan peluang dari titik putih dengan baik. Gol itu pun membawa Bali United unggul 3-1. 

Kedua tim masih mencari gol tambahan di waktu tersisa. Persebaya berjuang mengejar ketertinggalan tapi Bali United juga masih berambisi menambah angka. Kendati demikian, tidak ada gol tercipta hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement