Sabtu 23 Sep 2023 17:09 WIB

Derbi Jatim, Persebaya Taklukkan Arema FC 3-1 di Stadion GBT

Kemenangan ini mengantar Persebaya naik ke posisi kelima klasemen sementara.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Persebaya Surabaya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan/ilustrasi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Para pemain Persebaya Surabaya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Persebaya Surabaya tampil impresif saat bertemu Arema FC pada pekan ke-13 Liga 1 Indonesia musim 2023/24. Bajol Ijo unggul 3-1 atas Singo Edan dalam laga derbi Jawa Timur (Jatim) yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (23/9/2023) petang WIB.

Duel ketat tersaji sejak awal. Persebaya berinisiatif untuk mendominasi. Belum apa-apa tuan rumah langsung mengurung pertahanan Arema.

Baca Juga

Peluang terbaik Bajul Ijo tercipta di menit ke-16. Berawal dari situasi tendangan bebas, Ze Valente mengirimkan bola ke pertahanan lawan. Upaya sosok bernomor punggung 10 itu tepat sasaran. Beruntung bagi Singo Edan. Julian Schwarzer menepis bola yang meluncur ke areanya.

Arema lebih fokus mengandalkan serangan balik. Kubu tamu sedikit mengancam melalui free kick Charles Almeida di menit ke-19. Sepakan sang bek masih bisa diantisipasi Andhika Ramadhani.

Selebihnya, anak-anak Malang dalam tekanan. Skuad polesan Fernando Valente bermain dengan garis pertahanan rendah. Itu membuat Persebaya leluasa menekan.

Terus menyerang, Bajul Ijo akhirnya unggul. Pada menit ke-27, Bruno Moreira mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang asal Brasil ini melakukan plesing dari jarak dekat, menembus jala Schwarzer.

Delapan menit berselang, Arema mendapat kans terbaik. Nyaris saja tim tamu menyamakan kedudukan. Setelah mendapat umpan tarik dari rekannya, Dedik Setiawan melepaskan tembakan mendatar.

Beruntung bagi Persebaya. Ada seorang penggawa tuan rumah berdiri di posisi yang tepat saat Dedik menendang. Ia lantas menjauhkan bola dari gawang.

Bajul Ijo merespons. Pada injury time babak pertama, tandukan Bruno membuat tuan rumah menjauh. Skor 2-0 untuk anak asuh Josep Gombau bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Persebaya langsung tancap gas. Pada menit ke-50, Ze Valente mencetak gol berkelas untuk membuat kedudukan menjadi 3-0. Setelah mendapat umpan dari rekannya, tanpa kontrol sang gelandang melepaskan sepakan voli, menghujam gawang lawan.

Tersengat situasi demikian, Arema bereaksi. Anak asuh Fernando Valente mulai lebih keluar menyerang. Upaya Singo Edan berbuah manis. Pada menit ke-65, sontekan Dedik Setiawan merobek jala Andhika Ramadhani.

Kubu tamu mendapat angin segar. Arema terus berusaha memperkecil ketertinggalan. Rupanya tak ada lagi gol yang tercipta.

Skor 3-1 untuk keunggulan Persebaya Surabaya bertahan sampai laga usai. Hasil ini membuat Persebaya naik ke posisi kelima klasemen sementara dengan mengantongi 21 poin dari 13 pertandingan.

Sebaliknya, Arema merasakan kekalahan perdana di era Fernando Valente. Laskar Singo Eda masih berkutat di zona degradasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement