Sabtu 16 Sep 2023 21:06 WIB

BRI Liga 1: Persis Menangi Derby Jateng, Atasi PSIS 2-0

Dua gol kemenangan Persis tercipta pada babak pertama.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Persis Solo menjamu PSIS di Stadion Manahan, Solo.
Foto: Dok Republika
BRI Liga 1, Persis Solo menjamu PSIS di Stadion Manahan, Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo berhasil keluar sebagai pemenang derby Jawa Tengah (Jateng) dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Persis menaklukkan PSIS Semarang 2-0 di Stadion Manahan, Solo Sabtu (16/9/2023) malam.

Gol pertama Laskar Sambernyawa tercipta lewat eksekusi penalti Messidoro pada menit ke-14. Ramadhan Sananta kemudian menggandakannya melalui tandukan tajam pada menit ke-44.

Baca Juga

Hasil ini membuat Persis naik ke peringkat 12 dengan nilai 15. Sementara PSIS tertahan di tangga keenam dengan nilai 18.

Jalannya laga

Derby Jateng ini berjalan dengan tempo cepat. Kedua tim langsung memperagakan permainan menekan sejak menit awal berbunyi.

Percobaan tuan rumah awalnya dilakukan melalui sayap kanan. Sayang pola serangan tersebut belum membuahkan hasil positif.

Tak tinggal diam, Laskar Mahesa Jenar keluar dari kukungan Persis. Marukawa yang menyisir dari sebelah kanan melepas umpan kepada Tri Setiawan.

Tri Setiawan meneruskan bola ke area tengah yang langsung disambut oleh Dewangga. Namun, tembakan kerasanya masih melebar tipis ke arah kanan gawamg Riyandi.

Petaka untuk tim tamu pada menit ke-13, Laskar Sambernyawa mendapatkan hadiah penalti. Diawali sepak pojok Moussa yang ditanduk oleh Bardanca, tapi bola mengenai tangan Tri Setiawan. Messidoro yang menjadi algojo sukses mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Beberapa peluang diperlihatkan oleh kedua tim. Namun, tuan rumah Persis berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 lewat tandukan Ramadhan Sanantan pada pengujung babak pertama.

PSIS tampil menekan sejak memasuki babak kedua. Garis pertahanan Laskar Mahesa Jenar jauh lebih tinggi dengan berusaha menutup ruang di lini tengah permainan Persis.

PSIS memiliki peluang emas lewat sisi kanan Gali Freitas. Memanfaatkan umpan silang Marukawa, Gali yang berhadapan sendiri dengan kiper Riyandi gagal menyarangkan bola.

Berselang beberpa menit peluang emas juga tercipta. Tandukan Gali justru melebar dari gawang Riyandi. Padahal posisi sudah sangat kosong.

PSIS terus mencoba mencari cari untuk mengejar ketertinggal pun memperkecil jarak. Sayang hingga memasuki menit ke-85 belum ada gol tercipta.

PSIS sebenarnya punya kesempatan untuk menyamakan skor hingga enam menit waktu tambahan yang tersedia. Namun, semuanya mentah oleh solidnya pertahanan Persis.

Persis yang sudah unggul bermain aman dan hanya menunggu serangan balik. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor akhir 2-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement