Selasa 22 Aug 2023 08:23 WIB

Arteta Akui Crystal Palace Mampu Sulitkan Arsenal

Arteta mengakui kemenangan Arsenal atas Crystal Palace tidak diraih dengan mudah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal melanjutkan tren positif performa dengan menundukkan Crystal Palace, 1-0, pada pekan kedua Liga Primer Inggris, Selasa (22/8/2023) dini hari WIB. Gol kemenangan the Gunners ditorehkan Martin Odegaard via tendangan penalti pada menit ke-54.

The Gunners, yang melawat ke Stadion Selhurst Park, mendapatkan hadiah penalti usai Eddie Nketiah dijatuhkan oleh kiper Palace, Sam Johnstone. Odegaard dengan dingin menaklukan Johnstone dalam eksekusi penalti tersebut. Gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini.

Baca Juga

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui, kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Palace, ujar pelatih asal Spanyol itu, memiliki kemampuan untuk menyulitkan the Gunners. Kondisi ini pun terlihat saat the Gunners gagal mencetak gol pada sepanjang babak pertama.

''Palace adalah tim yang sangat bagus dalam membuat Anda frustrasi. Mereka begitu cepat dalam melakukan transisi permainan. Namun, secara keseluruhan, kami bisa mencegah mereka melakukan hal itu. Kami terus berkembang dan semakin baik,'' kata Arteta seusai laga seperti dilansir Sky Sports, Selasa (22/8/2023).

Tidak hanya itu, eks asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu juga menyoroti kehadiran para pemain pengganti pada babak kedua. Setidaknya sejak menit ke-70 Arteta melakukan empat pergantian pemain.

Mulai dari memasukkan Gabriel Magalhaes, Jorginho, Jakub Kiwior, hingga Oleksandr Zinchenko. Dalam pergantian pemain tersebut, Arteta banyak menarik keluar para penggawa di lini serang, seperti Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, dan Eddie Nketiah dan menggantikannya dengan pemain bertahan.

Keputusan Arteta ini rasanya tidak bisa dilepaskan dari kartu merah yang diterima Takehiro Tomiyasu pada menit ke-67. Saat itu, pemain bertahan asal Jepang itu menerima kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Jordan Ayew.

''Anda bisa lihat para pemain di bangku cadangan. Mereka ingin membantu tim ini. Mereka tampil apik dan bisa mengubah dinamika permainan. Saya berterima kasih kepada lawan. Mereka benar-benar memberikan kontribusi besar dalam kemenangan ini,'' jelas Arteta.

Kemenangan atas Palace ini melengkapi raihan tiga angka the Gunners pada laga pembuka Liga Primer Inggris musim ini, akhir pekan lalu. Saat itu, klub asal London Utara itu mampu menundukan Nottingham Forest, 2-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement