Rabu 09 Aug 2023 21:02 WIB

Persija Hanya Dapatkan Satu Poin dari Borneo FC

Persija bermain imbang 1-1 dengan Borneo FC.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Persija Jakarta vs Borneo FC
Foto: Dok Republika
Persija Jakarta vs Borneo FC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta gagal memetik poin pada laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024. Macan Kemayoran ditahan imbang Borneo FC 1-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (9/8/2023) malam.

Tim tuan rumah sempat tertinggal tapi mampu menyamakan kedudukan sebelum turun minum. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai. 

Baca Juga

Tambahan satu poin tak mampu mengangkat Persija ke posisi puncak. Koleksi 12 poin hanya membuat Persija duduk di peringkat ketiga klasemen sementara. Sementara Borneo duduk di peringkat kesembilan dengan nilai 10.

Persija Jakarta bermain dari kaki ke kaki untuk mencoba mempertahankan penguasaan bola lebih lama. Tim Macan Kemayoran juga agresif merebut bola setiap kali mereka kehilangan. Tapi belum ada ancaman berarti yang mampu diciptakan ketua tim hingga menit ke-13.

Pada menit ke-14 Stefano Lilipaly mengeksekusi tendangan bebas tersebut langsung ke gawang tapi berhasil diblokir. Bola rebound kembali kepada Lilipaly yang melepaskan tembakan kedua. Bola sedikit berubah arah setelah terkena kepala Hanif yang membuat Andritany terkecoh sehingga tercipta gol untuk Borneo. 

Persija mencoba mengejar ketertinggalan. Namun tembok pertahanan Borneo masih terlalu kokoh untuk ditembus. Permainan menusuk dari bagian tengah yang ditunjukkan Persija masih bisa dipatahkan di pertahanan terakhir. Umpan Rio Fahmi di menit ke-25 pun berhasil ditinju Nadeo.

Persija kehilangan peluang emas di menit ke-28 saat Riko memberikan umpan terobosan melewati pemain belakang Borneo. Gajos yang dalam posisi bebas menguasai bola tersebut langsung mengeksekusinya ke tiang dekat. Namun bola masih meleset dari sasaran.

Rio Fahmi melewatkan peluang emas saat ia menerima umpan dari Hanif Sjahbandi di menit ke-33. Ia menerima bola di ruang kosong sebelah kanan, memancing Nadeo keluar meninggalkan posisinya, namun Rio memilih mengumpan kepada Riko, yang juga gagal digapai oleh gelandang berusia 31 tahun tersebut.

Persija akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Itu berawal dari kesalahan komunikasi Borneo saat Nadeo meninggalkan posisinya yang berusaha menepis tendangan bebas. Rizky Ridho meneruskan bola yang sudah mengarah ke gawang kosong, melanjutkan tandukan Gajos.

Andritany melakukan penyelamatan penting dari tandukan Felipe Cadenazzi di mulut gawang. Reflek yang luar biasa ditunjukkan Andritany saat menepis bola keluar dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Borneo. Skor 1-1 hingga turun minum.

Pada babak kedua, Rio Fahmi kembali kehilangan peluang saat menerima umpan di sisi kanan serangan pada menit ke-52. Ia memutuskan untuk melepaskan tembakan langsung ke gawang. Keputusan yang baik tapi sayang bola masih belum menemui sasaran.

Permainan dengan tensi tinggi. Kedua tim sama-sama mengejar angka untuk mengamankan poin penuh. Namun Borneo kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya. Hingga menit ke-75, Sihran yang baru masuk menggantikan Lilipaly memiliki peluang di depan kotak penalti. Namun tembakannya masih membentur wajah pemain Persija.

Pergantian pemain telah dilakukan oleh kedua tim, mulai dari Rizky Dwi yang masuk menggantikan Diego Michiels. Kemudian dari kubu Persija, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Marko Simic yang menggantikan Rio Fahmi, Resky Fandi, dan Ryo Matsumura.

Pada menit ke-83 Persija memiliki peluang emas saat Riko melepaskan umpan lambung  ke sisi kiri kotak penalti. Simic mengejar dan langsung melakukan aksi akrobatik untuk menggapai bola. Sayang bola masih di luar jangkauannya. 

Terjadi pelanggaran di area kotak penalti saat Fajar dinilai melakukan back pass yang ditangkap oleh Nadeo di menit ke-90+4. Ini menjadi peluang terakhir bagi Persija. Simic mengeksekusi tendangan yang dioper Riko, tapi berhasil ditanduk keluar oleh Sihran dan menghasilkan tendangan sudut. Skor 1-1 bertahan hingga akhir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement