Jumat 02 Jun 2023 05:59 WIB

Olahraga yang Paling Banyak Bakar Kalori, Bisa Pilih dari 5 Jenis Ini

Ada beberapa latihan olahraga yang dipercaya mampu membakar kalori paling banyak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga basket (ilustrasi). Setidaknya ada lima jenis olahraga yang dipercaya mampu menurunkan kalori paling banyak.
Foto: www.freepik.com
Olahraga basket (ilustrasi). Setidaknya ada lima jenis olahraga yang dipercaya mampu menurunkan kalori paling banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang pergi ke gym secara konsisten saat mengurangi lemak dalam tubuh. Jika Anda sedang mencari cara baru untuk mempercepat upaya penurunan berat badan, ada beberapa latihan olahraga yang membakar kalori paling banyak.

Berikut ini jenis olahraga yang dipercaya mampu membakar kalori paling banyak, seperti dilansir laman Eat This Not That, Jumat (2/6/2023):

Baca Juga

1. Berenang

Gerakan seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, bahkan gaya bebas dapat mempercepat pembakaran kalori. Menurut WorldHealth, hanya dalam 30 menit latihan, Anda dapat membakar 367 hingga 404 kalori dengan berenang dalam beberapa gerakan yang menghabiskan energi ini.

2. Zumba

Penelitian menunjukkan, zumba dapat secara signifikan memengaruhi perjalanan penurunan berat badan dengan mengurangi lemak tubuh Anda secara keseluruhan. Selama kelas zumba selama satu jam, kemungkinan Anda dapat membakar rata-rata 500 hingga 800 kalori. Ada beberapa faktor yang dapat berperan dalam berapa banyak kalori yang benar-benar dibakar, di antaranya usia, genetika, dan intensitas. Namun selama Anda berusaha secara efektif untuk mencapai tarian tersebut, Anda diharapkan dapat melihat hasilnya dalam waktu singkat.

3. Basket

Basket adalah gaya olahraga kompetitif yang dicintai dan sempurna untuk menurunkan berat badan. Selama 30 menit bermain, seseorang dengan berat sekitar 70,3 kg dapat membakar sekitar 288 kalori, menurut laporan Harvard Health Publishing.

4. Panjat tebing

Menurut WebMD, panjat tebing adalah latihan seluruh tubuh yang mengaktifkan core, kaki, lengan, glutes, dan punggung. Olahraga ini memaksa Anda untuk menggunakan hampir semua area tubuh untuk memanjat. Ini menggabungkan kekuatan dan kerja aerobik yang akan meningkatkan pembakaran kalori di siang hari, membantu upaya penurunan berat pada.

Penelitian memperkirakan, Anda dapat membakar sekitar 480 hingga 660 kalori per jam saat panjat tebing. Namun berhati-hatilah karena tingkat intensitas olahraga ini tinggi, jadi mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri.

5. Bersepeda

Studi telah menemukan bahwa bersepeda dapat sangat meningkatkan kemampuan kebugaran seseorang, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, bahkan kematian. Dari pemula hingga profesional, Harvard Health Publishing melaporkan bahwa siapa pun yang mengikuti jenis latihan ini dapat memiliki kesempatan untuk membakar 210 hingga 441 kalori selama sesi bersepeda 30 menit, tergantung pada berat dan intensitas latihan mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement