Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Potret Gedung Juang Bekasi yang Semakin Terlupakan

Ahad 06 Jan 2013 16:28 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Gedung juang Bekasi

Gedung juang Bekasi

Foto: disparbud.jabarprov.go.id

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Beberapa waktu lalu Himpunan Mahasiswa Geografi Unisma Bekasi mendatangi Gedung Juang Tambun Bekasi dalam rangkaian Obserfuntrip. Gedung yang berdiri pada 1910 ini meninggalkan banyak sejarah khususnya bagi warga Bekasi.

Saksi bisu perjuangan veteran Bekasi ini masih berdiri kokoh menjulang ke langit. Warna cat yang sepertinya baru ini menambah kesan kokoh bangunan yang telah berdiri sekitar 120 tahun yang lalu.

Sayang, gedung ini sudah tidak terurus dan tidak berjalan sesuai fungsinya sebagai peninggalan bersejarah. Banyak kotoran Kelelawar di setiap sudut luar gedung ini. Dan menyebarkan bau yang tak sedap. Ini membuat siapapun yang datang enggan berlama-lama berkunjung. Bahkan cerita keangkeran yang beredar di masyarakat membuat bulu kuduk merinding ketika berjalan di lokasi ini.

Selain itu belakangan gedung ini berubah fungsinya menjadi gedung serba guna. Misalnya gedung ini pernah menjadi gedung pertemuan aparat pemerintah Bekasi. Pernah juga menjadi perpustakaan umum. Bahkan Gedung Juang ini pernah menjadi tempat perkuliahan Universitas Islam 45 (Unisma). Kala itu Unisma belum memiliki gedung sendiri. Sungguh banyak sejarah yang ditulis di gedung ini.

Sekarang Gedung Juang tak lebih sebagai bangunan tua yang telah terlupakan sejarahnya. Bangunan yang lebih layak dibilang gudang penyimpanan barang-barang. Pemerintah Kabupaten Bekasi pun melupakan sejarahnya sendiri. Pemerintah seakan-akan tutup mata untuk melihat apa yang sedang terjadi.

Penulis: Saepulloh (Mahasiswa Pend Geografi, Universitas Islam 45 Bekasi)

sumber : Unisma
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB