Senin 19 Dec 2022 09:13 WIB

SD Bosowa Bina Insani Gelar Sosialisasi Serbukatif

Serbukatif merupakan program ajakan kepada warga sekolah agar selalu berbuat baik.

SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggelar kegiatan Serbukatif (Seribu Kata Positif), Jumat (16/12/2022).
Foto: Dok SBBI
SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggelar kegiatan Serbukatif (Seribu Kata Positif), Jumat (16/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggelar sosialisasi Serbukatif, Jumat (16/12/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian program sosialisasi program Jabar Bergerak Kota Bogor di sekolah-sekolah di Kota Bogor. Serbukatif yang merupakan akronim dari Seribu Kata Positif ini diharapkan menjadi ruang kontrol terhadap warga sekolah.

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Jabar Bergerak, Yanti Dedie Rahim;Ketua KPAI Kota Bogor, Dudih Syiaruddin SSos MM; Komisioner KPAI, Sumedy SE; Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Drs Hanafi MSi; Drs Rudi Suryanto MM (Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Bogor); Rini Mulyani MPd (Kasi Kesiswaan SD Dinas Pendidikan Kota Bogor); Siswanto SE MSi (Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Bogor Kecamatan Tanah Sareal); Asep Saepul Padil MPd (Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Bogor Kecamatan Tanah Sareal); Herlina SPdI MM (ketua Forum Komunikasi SD Kecamatan Tanah Sareal); Dr H Zaenal Abidin MPd (ketua Gugus 7 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor); para kepala sekolah se-Gugus 7 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor; Perwakilan dari Yayasan Bosowa Bina Insani Bogor (H Asep Sumarsana SAg, Sudirman SP, Isak Suratman Sag, Dedi Supriyadi Sag MPd, M Romli SPd); komite sekolah (PABBI) SD; dan Senandung Pelangi dari Alva Primero.

Baca Juga

"Kami mengingatkan orangtua untuk selalu mendampingi putra-putrinya dan tidak menyerahkan sepenuhnya pendidikan putra-putrinya ke sekolah. Ini dikarenakan waktu anak lebih lama ada di rumah bersama orangtuanya dibandingkan di sekolah," ungkap Hanafi dalam sambutannya.

Sementara itu, istri Wakil Walikota Bogor sekaligus Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor Yantie Dedie Rachim menyampaikan ucapan terima kasih atass sambutan hangat dari keluarga SD Bosowa Bina Insani terkait kegiatan ini.

"Serbukatif merupakan program ajakan kepada warga sekolah agar selalu berbuat dan berkata baik di setiap kegiatan yang dilakukan. Semoga ini menjadi cerminan anak-anak hebat dalam berperilaku dan berprestasi," pesan Yantie.

Hal senada disampaikan Kepala SD Bosowa Bina Insani, Dra Eka Rafikah di sela-sela acara.

"Kegiatan Serbukatif ini merupakan kegiatan yang bertujuan mengingatkan siswa untuk berbicara yang positif dan bermanfaat. Hal ini berkaitan dengan karakter siswa yang selama masa pembelajaran online banyak sekali yang kurang baik. Akibat penggunaan gadget sangat mempengaruhi cara berbicara dan kata kata yang diucapkan siswa. Oleh karena itu team Jabar Bergerak yang diketuai oleh Bunda Yanti Dedie Rachim tergerak untuk melakukan sosialisasi dan memberi pesan serta mengingatkan siswa dan orang tua untuk berkata positif," kata Eka Rafikah.

Kegiatan Serbukatif dimeriahkan oleh tampilan memukau dari Ekskul Wajib Drumband SD Bosowa Bina Insani. Puluhan anak yang terlibat di dalamnya begitu semangat membawakan iringan musik yang disajikan.

Salah satu orangtua murid menyampaikan kesannya di acara ini, "Acara Serbukatif (Seribu Kata Positif) hari ini memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak untuk semakin konsisten berkata positif. Hal itu mengingat Bina Insani sebetulnya sudah menerapkan pembiasaan berkata positif di lingkungan sekolah melalui 9 profil pembelajar Bina Insani. Kegiatan ini juga mengajak org tua agar lebih terlibat secara langsung untuk membentuk karakter anak agar selalu berkata positif,” tutur mama Sandrica dengan penuh semangat.

Sosialisasi Serbukatif juga menyuguhkan tampilan Sentra Drama karya siswa SD Bosowa Bina Insani -- yang pesan dari ceritanya agar para siswa selalu kompak dengan segala perbedaan dan kemampuan yang dimiliki masing-masing -- dan kehadiran teman-teman dari Senandung Pelangi dari Alva Primero menambah ramai suasana acara.

“Diharapkan acara hari ini juga bertujuan untuk menanamkan budaya Serbukatif kepada anak-anak baik dalam lingkungan sekolah, keluarga dan bermedia sosial agar siap menjadi Generasi Emas 2045,” tutur mama Sandrica.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor, Bunda Yantie Dedie Rachim bersama semua guru-guru SD Bosowa Bina Insani, PABBI SD, anak-anak Senandung Pelangi, Drumband dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement