Selasa 13 Dec 2022 20:08 WIB

Ini Kemungkinan Skenario Pertandingan Argentina Vs Kroasia

Kroasia dipastikan memasang kekuatan penuh guna melawan Argentina.

Pemain Kroasia Luka Modric (kiri) dan rekan setimnya menghadiri sesi latihan di Al Erssal Training Site 3 di Doha, Qatar, 12 Desember 2022. Kroasia akan menghadapi Argentina dalam pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia FIFA 2022 pada 13 Desember 2022.
Foto: EPA-EFE /Ronald Wittek
Pemain Kroasia Luka Modric (kiri) dan rekan setimnya menghadiri sesi latihan di Al Erssal Training Site 3 di Doha, Qatar, 12 Desember 2022. Kroasia akan menghadapi Argentina dalam pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia FIFA 2022 pada 13 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Argentina berhasil mengatasi rintangan berat dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 Qatar melawan Belanda dengan menang adu penalti melawan tim asuhan Louis van Gaal itu. Kemenangan itu menaikkan moral Argentina yang berusaha memelihara momentum yang bagus dalam menghadapi Kroasia di laga semifinal, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Sebaliknya, Kroasia kembali melampaui ekspektasinya sendiri terutama setelah menyingkirkan Brasil yang menjadi salah satu favorit juara Qatar 2022. Tim Vatreni telah menunjukkan organisasi pertahanan yang mengesankan yang kemungkinan menutup unit serang kelas dunia milik Argentina sehingga bisa merasakan kembali atmosfer final Piala Dunia seperti pada edisi 2018.

Baca Juga

Argentina tidak menghadapi masalah cedera berat, namun pelatih Lionel Scaloni tak akan bisa menurunkan Gonzalo Montiel dan Marcos Acuna yang terkena skorsing. Albiceleste kemungkinan memasang formasi 4-3-3 di mana Emiliano Martinez kembali menjaga gawang yang akan dilindungi duo bek tengah, Cristian Romero dan Nicolas Otamendi. Sementara Nahuel Molina akan mengisis sayap kanan pertahanan yang berseberangan dengan Nicolas Tagliafico yang berperang sebagai bek kiri.

Di lini tengah, Rodrigo de Paul yang menjadi pemain paling sibuk dan memiliki daya jelajah lari paling tinggi dalam skuad Argentina, akan bermitra dengan Enzo Fernandes dan Alexis Mac Allister.

Jika de Paul bekerja keras mencari, merebut, dan mendistribusikan bola, maka Mac Allister dan Fernandez akan menjadi tenaga-tenaga kreatif yang diperlukan untuk memecah konsentrasi Kroasia dan membuka ruang kepada tim serang.

Di lini depan itu, Lionel Messi diperkirakan bermain di tengah yang diapit Julian Alvarez di kiri dan Angel di Maria di kanan. Dalam kata lain, Messi yang menjadi pencetak gol terbanyak dan pencipta peluang terbanyak Argentina akan menjadi jantung serangan Albiceleste.

Adapun Kroasia bebas dari masalah cedera, sehingga pelatih Zlatko Dalic bisa menurunkan siapa pun. Ia dipastikan memasang kekuatan penuh guna melawan Argentina.

Finalis Piala Dunia 2018 itu juga mungkin memasang formasi 4-3-3. Kiper Dominik Livakovic kembali dilindungi sistem empat bek pimpinan duo bek tengah, Josko Gvardiol dan Dejan Lovren di jantung pertahanan Kroasia.

Sementara kedua sayap pertahanan akan ditempati Borna Sosa sebagai bek kiri dan Josip Juranovic di sisi kanan. Kuartet pertahanan itu sudah siap menjinakkan Lionel Messi dan mitra-mitranya.

Tiga lini tengah Kroasia kembali akan diisi trio Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic. Brozovic akan berperang cenderung lebih defensif, sementara Kovacic dan Modric ditugaskan lebih kreatif lagi dalam membantu serangan dan menciptakan peluang.

Di sepertiga akhir lapangan, Ivan Perisic dan Mario Pasalic akan menjadi starter dalam posisi yang lebih melebar di kedua sayap serangan. Sedangkan Bruno Petkovic berada di tengah serangan Kroasia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement