Selasa 13 Dec 2022 14:04 WIB

Jelang Vs Argentina, Ini Obsesi Besar dari Pelatih Kroasia

Jika kami menang besok, itu akan menjadikannya sebagai pertandingan bersejarah

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Argentina di Doha, Senin, 12 Desember 2022.
Foto: AP/Petr David Josek
Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Argentina di Doha, Senin, 12 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Pelatih tim nasional Kroasia, Zlatko Dalic antusias menatap laga berkelas di depan mata. Beberapa jam lagi, wakil Eropa ini menghadapi Argentina di semifinal Piala Dunia 2022.

Duel tersebut berlangsung di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Menurut Dalic, jika the Blazers berjaya, maka akan menjadi pertandingan terbesar sepanjang masa yang pernah dilakoni negara pecahan Yugoslavia itu. Empat tahun lalu, mereka mengalahkan Inggris di fase ini. 
 
Teranyar, Luka Modric dan rekan-rekan menyudahi perlawanan Brasil. Tepatnya pada babak perempatfinal edisi terkini. Kroasia menyingkirkan tim bertabur bintang, favorit juara, sekaligus negara peringkat satu FIFA.
 
"Partai semifinal (2018) melawan Inggris adalah pertandingan terbesar sepanjang masa (timnas Kroasia). Laga melawan Brasil di urutan kedua," kata Dalic, dikutip dari football365.com, Selasa (13/12/2022).
 
 
"Jika kami menang besok, itu akan menjadikannya sebagai pertandingan bersejarah terbesar bagi Kroasia, sepanjang masa," ujar sang arsitek menambahkan.
 
Ia bangga dengan sepak terjang pasukannya di Qatar. Dalic banyak mengubah komposisi di timnya. Terdapat beberapa jugador belia, berbagi peran dengan sosok senior.
 
Tak ada lagi nama-nama lawas seperti Ivan Rakitic, Sime Vrsaljko, hingga Mario Mandzukic. Berganti dengan bintang baru macam Josko Gvardiol. Namun masih ada Modric di sana.
 
Sang gelandang tetap bertaji di level tertinggi kendati sudah berusia 37 tahun. Teranyar, saat jumpa Selecao, ia bermain penuh selama 120 menit. Ia juga eksekutor penalti the Blazers yang sukses menggetarkan jala Alisson Becker.
 
 
"Kami menginginkan lebih. Kami melawan Argentina yang hebat, tim yang dipimpin Lionel Messi. Saat ini, mereka sangat termotivasi dan berada di bawah tekanan lebih dibandingkan Kroasia," ujar Dalic.
 
Empat tahun lalu, kedua kubu berjumpa di babak penyisihan. Saat itu, wakil benua biru membantai raksasa Amerika Selatan, tiga gol tanpa balas.
 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement