Senin 12 Dec 2022 13:24 WIB

Ten Hag Sebut Rashford Miliki Kemiripan dengan Mbappe

Rashford bahkan dianggap memiliki kesamaan dengan Kylian Mbappe

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
 Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag terlihat sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Fulham dan Manchester United di stadion Craven Cottage di London, Ahad, 13 November 2022.
Foto: AP/Leila Coker
Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag terlihat sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Fulham dan Manchester United di stadion Craven Cottage di London, Ahad, 13 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United, Erik ten Hag, menilai, Marcus Rashford masih memiliki potensi besar untuk bisa berada dalam jajaran pesepakbola top Eropa.

Dari segi teknik bermain dan kemampuan, Rashford bahkan dianggap memiliki kesamaan dengan penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe. Pada kesempatan kedua merumput di ajang Piala Dunia, Mbappe kembali menunjukan kemampuannya.

Pemain berusia 23 tahun itu pun tengah memimpin daftar top skorer sementara Piala Dunia 2022 dengan koleksi lima gol. Total, Mbappe telah mencetak sembilan gol dari dua kali merumput di pentas Piala Dunia.

Koleksi gol penyerang Paris Saint Germain itu bahkan lebih banyak dari sejumlah nama besar pada sepanjang sejarah Piala Dunia, seperti Diego Maradona, Mario Kempes, Thierry Henry, Luis Suarez, hingga Cristiano Ronaldo.

Mbappe sudah menyamai koleksi gol Lionel Messi di pentas Piala Dunia. Di edisi Piala Dunia sebelumnya, Mbappe tercatat menjadi pemain remaja sejak Pele pada 1958 yang mampu mencetak gol di partai final Piala Dunia.

Mbappe menyumbang satu gol saat mengantarkan Prancis membungkam Kroasia, 4-2, dan merengkuh titel Piala Dunia 2018. Di sisi lain, Rashford juga melakoni kesempatan kedua merumput di Piala Dunia.

Namun, berbeda dari Mbappe, yang menjadi pilihan utama di skuad Les Blues, penyerang Manchester United itu lebih sering turun sebagai pemain pengganti di Piala Dunia 2022.

Dari lima partai yang dilakoni The Three Lions di Qatar 2022, Rashford hanya sekali tampil sebagai starter. Kendati begitu, penyerang berusia 25 tahun itu tetap mampu menyumbangkan tiga gol buat The Three Lions di sepanjang partisipasi di Piala Dunia 2022, tepatnya saat harus mengakhiri langkah di babak perempat final.

Ten Hag menilai, Rashford masih memiliki potensi yang besar. Kemampuan terbaik Rashford, ujar pelatih asal Belanda itu, terletak pada ketajamannya saat berada di belakang lini pertahanan lawan. Untuk aspek tersebut, Rashford dinilai memiliki kemampuan yang setara dengan Mbappe.

''Di posisi tersebut, rasanya tidak pemain yang jauh lebih baik dari dia. Dalam aspek tersebut, dia memiliki kesamaan dengam Mbappe. Namun, dia juga mulai menunjukan perkembangan dalam pergerakan tanpa bola,'' kata Ten Hag seperti dilansir Manchester Evening News, Senin (12/12).

Mantan pelatih Ajax Amsterdam itu merujuk pada proses gol kedua Inggris di laga kontra Wales pada penyisihan Grup B, dua pekan lalu. Saat itu, Rashford memiliki peran besar dalam terciptanya gol yang ditorehkan oleh Phil Foden tersebut.

''Dia berhasil merebut bola sebelum memberikannya ke Foden. Dia pun terlihat beberapa kali melakukan hal tersebut. Artinya, dia terlibat dalam upaya pertama menekan lawan. Dia sudah menunjukan perkembangan pesat dalam aspek tersebut,'' ujar Ten Hag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement