Ahad 11 Dec 2022 04:04 WIB

Livescore; Prancis Maju ke Semifinal Piala Dunia Usai Kalahkan Inggris

Prancis kalahkan Inggris dengan skor 2-1.

Rep: Eko Supriadi/ Red: Bayu Hermawan
Ekspresi penyerang Inggris Harry Kane usai gagal mencetak gol dari tendangan penalti.
Foto: EPA-EFE
Ekspresi penyerang Inggris Harry Kane usai gagal mencetak gol dari tendangan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, AL KHOR -- Prancis akhirnya melaju ke semifinal Piala Dunia 2022, usai mengalahkan Inggris 2-1, Ahad (11/12). Prancis unggul lebih dulu di babak pertama. Inggris kemudian menyamakan kedudukan di babak kedua lewat gol penalti Harry Kane. Namun Olivier Giroud kembali membuat Les Bleus unggul dalam pertandingan di Stadion Al Bayt.

Prancis membuka peluang lebih dulu pada menit 11, saat Olivier Giroud menyundul bola hasil umpan dari Dembele. Namun sundulannya dari jarak dekat masih tepat mengarah ke Pickford. Juara bertahan Piala Dunia tersebut memecahkan kebuntuan lewat gol sensasional dari Aurelien Tchouameni.

Gelandang Real Madrid itu melepaskan tendangan jarak jauh yang ke pojok bawah gawang, yang tidak bisa dihalau oleh Pickford pada menit 17. Inggris langsung bereaksi untuk menyamakan kedudukan. Menit 20, Inggris mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Luke Shaw yang jadi eksekutor gagal membuatnya jadi gol usai Hugo Lloris berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Dua menit kemudian, giliran Harry Kane yang mengancam gawang Prancis. Tapi Lloris masih jadi tembok penghalang usai memblok tendangan penyerang Tottenham Hotspur tersebut dalam situasi satu lawan satu. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Prancis tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Inggris langsung mengambil inisiatif serangan. Bellingham melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti pada menit 46. Lagi Lloris lagi-lagi menggagalkan upaya the Three Lions. Inggris mendapatkan hadiah penalti pada menit 52 setelah Bukayo Saka dijatuhkan Tchouameni di kotak terlarang. Kane yang jadi eksekutor sukses menjebol gawang Lloris untuk mengubah skor jadi 1-1.

Harry Maguire nyari membuat Inggris berbalik unggul, jika saja sundulannya tidak membentur tiang gawang pada menit 70. Prancis akhirnya mendapatkan peluang emas pertama sejak gol yang dicetak Tchouameni. Dembele memberikan umpan sundulan ke tengah, yang disambut Giroud. Tapi Pickford dengan sigap menepis bola. Namun percobaan keduanya semenit kemudian membuahkan hasil.

Memanfaatkan umpan Griezmann, Giroud lagi-lagi memenangkan duel udara untuk menaklukan Pickford. Inggris memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan saat mendapatkan penalti pada menit 84. Sayang, Kane gagal menyelesaikan tugas saat tendangannya malah membuat bola melambung di atas mistar gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan Prancis pun bertahan hingga laga usai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement