Selasa , 06 Dec 2022, 09:56 WIB

Pelatih Moriyasu Sebut Sepak Bola Jepang Memasuki Era Baru

Rep: Frederikus Bata / Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala Jepang Hajime Moriyasu membungkuk setelah kalah dalam adu penalti pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022.
Foto AP/Frank Augstein

Pelatih kepala Jepang Hajime Moriyasu membungkuk setelah kalah dalam adu penalti pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022.

Jepang mampu mengalahkan Spanyol dan Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, AL-WAKRAH -- Berakhir sudah petualangan Jepang di Piala Dunia 2022. Langkah pasukan samurai biru terhenti di babak 16 besar.

Skuat polesan Hajime Moriyasu gagal melewati adangan Kroasia. Kedua tim bertemu di Al Janoub Stadium, Al-Wakrah, Senin (5/12/2022) malam WIB. Sepanjang 90 menit, kedudukan imbang 1-1. 

Baca Juga

Laga berlanjut ke perpanjangan waktu. Hingga tahapan itu, angka di papan skor tidak berubah. Alhasil, adu penalti menjadi penentu. 

photo
Para pemain Jepang bereaksi setelah dikalahkan Kroasia pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022. - (AP/Francisco Seco)
Jepang kalah 1-3 dari Kroasia saat adu to-tosan. Setelah pertandingan, Moriyasu bereaksi. Jelas ia kecewa.

Namun ia merasa pasukannya sudah membuat kemajuan. Terutama jika berkaca pada aksi fantastis Maya Yoshida dan rekan-rekan di babak penyisihan. Wakil Asia ini menjadi juara Grup E setelah berhasil mengalahkan Jerman dan Spanyol.

"Meskipun hasilnya tidak seperti yang kami inginkan, saya mengatakan kepada mereka, fakta ini tidak meniadakan semua yang kami lakukan,"  kata Moriyasu, dikutip dari dailymail.co.uk, Selasa (6/12/2022).

Sepanjang 120 menit, pertandingan di Al Janoub Stadium berlangsung dinamis. Temponya berubah-ubah. Terkadang pelan, lalu berganti ke transisi cepat.

Jepang unggul terlebih dahulu. Pada menit ke-43, Daizen Maeda membawa Raksasa Asia ini memimpin. Memanfaatkan bola kemelut, Maeda berhasil memperdaya kiper lawan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Samurai biru bertahan hingga turun minum. Seusai jeda, anak asuh Zlatko Dalic menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Tandukan Ivan Perisic menggetarkan jala Shuichi Gonda.

Setelahnya jual beli serangan terlihat. Di sesi adu penalti, tiga eksekutor Jepang gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Moriyasu enggan menyalahkan pasukannya.

"Saya pikir para pemain menunjukkan era baru sepak bola Jepang. Mereka harus menggunakan perasaan kecewa ini, mencoba menang di lain waktu," ujar juru taktik 54 tahun itu.

Selanjutnya Kroasia jumpa Brasil di perempatfinal. Bigmatch itu bakal berlangsung di Education City Stadium, Doha, Jumat (9/12/2022) malam WIB.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
jepang vs kroasia hasil jepang vs kroasia timnas jepang Hajime Moriyasu piala dunia 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya