Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Pamer Minum Alkohol, Influencer Mualaf Amerika Serikat Andrew Tate Dihujat  

Jumat 25 Nov 2022 00:00 WIB

Rep: Amri Amrullah / Red: Nashih Nashrullah

Andrew Tate. Andrew Tate dihujat karena tunjukkan foto minum alkohol secara vulgar

Andrew Tate. Andrew Tate dihujat karena tunjukkan foto minum alkohol secara vulgar

Foto: Dok Istimewa
Andrew Tate dihujat karena tunjukkan foto minum alkohol secara vulgar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Influencer yang juga tokoh populer di internet di Amerika dan Inggris Andrew Tate, mendapat kecaman di media sosial. 

Sebab mantan atlet MMA pemain kickboxer yang disebut sudah mualaf atau memeluk Islam baru-baru ini kedapatan foto dan videonya sedang minum alkohol, dengan sebotol wiski di sampingnya.

Baca Juga

Andrew Tate, yang masuk Islam sekitar tiga pekan lalu, membagikan video dari pesawat yang sedang merokok cerutu dan minum alkohol. Video kickboxer tersebut ditonton lebih dari 1,3 juta kali dalam beberapa jam.

Influencer terkenal itu justru membagikan video dan menulis pesannya sendiri. "Saya telah memutuskan untuk terbang ke negara bagian California yang gagal, berjalan ke markas twitter dan memberi tahu @elonmusk bahwa dia adalah seorang legenda," katanya. "Dalam perjalanan," tambah Andrew.

Mantan atlet kickboxer itu dilarang dari semua platform media sosial awal tahun ini karena 'melanggar kebijakan' terkait ungkapan kebencian terhadap wanita. Sedangkan dia sebelumnya menggambarkan Islam sebagai 'agama terakhir yang benar di dunia'.

Andrew Tate, 35 tahun, menjadi populer di media sosial ketika dia mengumumkan masuk Islam dan memanggil setiap orang Kristen yang percaya pada kebaikan dan memahami 'pertempuran sejati melawan kejahatan untuk berpindah agama' ke Islam.

Sontak dengan video itu, mantan kickboxer itu langsung menerima kritik besar, bahkan beberapa orang mencela dia karena menjadi seorang Muslim dan minum alkohol. "Alkohol itu haram," kata salah satu pengguna sosmed di akun media sosialnya.

Sementara yang lain berkomentar soal rendahnya pemahaman agama Tate setelah jadi mualaf. "Apakah tidak ada yang memberitahumu ketika kamu masuk Islam bahwa alkohol itu haram? Tidak bisa dua arah, juara," kata warganet pengguna sosmed lain di akun media sosialnya.

Andrew Tate sebelumnya kembali membuat heboh dunia maya. Melalui akun media sosialnya, Tate mengaku telah menjadi mualaf atau memeluk agama Islam. 

Tate memposting gambarnya yang sedang beribadah yang diberi judul dengan kutipan yang dikaitkan dengan Ibnu Qayim seorang teolog Islam dari tahun 1300-an.

Sebuah video Tate yang diduga sedang sholat di sebuah masjid di Uni Emirat Arab telah dibagikan ratusan kali di Facebook dan Twitter. Sosok dengan nama lengkap Emory Andrew Tate III ini lahir di Washington, Amerika Serikat, pada 14 Desember 1986.

Pada 2005, Tate banting setir menjadi seorang atlet kick boxing dan MMA di Inggris. Dia terbilang sebagai atlet kick boxing yang berprestasi. 

Tate sempat meraih 18 kemenangan beruntun yang semuanya didapatkan dengan TKO. Dia juga sempat menempati ranking kedua atlet kickboxing kelas ringan terbaik di dunia.

Tercatat, Andrew Tate pernah meraih dua gelar juara dunia ISKA (International Sport Kickboxing Association), masing-masing pada 2011 dan 2013. Dia meraihnya pada dua kelas berbeda. Tate lantas memutuskan pensiun sebagai petarung pada 2020.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA