Senin 21 Nov 2022 11:37 WIB

Jelang Belanda Vs Senegal, Van Gaal Bicara Susunan Pemain Oranje

Belanda meladeni Senegal di Stadion Al Thumama, malam ini pukul 23.00 WIB.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Louis van Gaal dari tim nasional Belanda
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Pelatih kepala Louis van Gaal dari tim nasional Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal enggan mengungkapkan sosok pilihannya di bawah mistar Oranje ketika berbicara tentang persiapan timnya menjelang bentrok melawan Senegal pada matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Doha, Senin (21/11), pukul 23.00 WIB. Selama konferensi bersama media, Van Gaal dengan tegas menolaknya.

"Tidak, saya tidak akan memberitahu Anda. Saya tak pernah mengungkapkan line-up karena saya cukup yakin dengan pilihan saya, akan buruk jika sebaliknya," kata Van Gaal menegaskan kepada De Telegraf dilansir Football Oranje, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Surat kabar Belanda meyakini Van Gaal akan memainkan kiper Heerenveen Andries Noppert untuk pertandingan versus Senegal. Sang pelatih merasa terkesan dengan penampilan Noppert musim ini.

Kontras dengan posisi lainnya, Van Gaal justru memastikan Cody Gakpo bakal memulai sebagai pemain nomor 10 di lini depan de Oranje.

"Gakpo lebih kreatif ketimbang Davy Klaassen yang bermain secara kolektif. Jika Depay tak berpartisipasi maka kami kurang pemain kreatif dan cukup logis memainkan Gakpo," kata eks pelatih Manchester United ini.

Setelah absen pada Piala Dunia sebelumnya, Belanda saat ini mengusung tugas besar untuk kembali membuktikan pamornya sebagai salah satu negara yang diperhitungkan. Tiga kali gagal di partai final 1974, 1978 dan 2010 dari 10 kali keikutsertaan di Piala Dunia menjadi bukti Oranje harus selalu diperhitungkan para lawannya.

Belanda tergabung di Grup A Piala Dunia 2022 bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal. Ekuador sementara memimpin klasemen dengan koleksi nilai tiga usai mengatasi Qatar dua gol tanpa balas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement