Jumat 18 Nov 2022 13:49 WIB

Timnas Argentina dan Uruguay Bawa 1,8 Ton Daging ke Piala Dunia 2022

Argentina dan Uruguay adalah salah satu konsumen daging terbesar di dunia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Argentina melakukan sesi foto sebelum laga persahabatan antara Argentina dan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi, UAE, pada 16 November 2022.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Para pemain timnas Argentina melakukan sesi foto sebelum laga persahabatan antara Argentina dan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi, UAE, pada 16 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Argentina dan Uruguay masing-masing membawa 900 kg (total 1,8 ton) daging ke Piala Dunia 2022. Agar para pemain dan staf dapat merasakan suasana rumah selama turnamen di Qatar, Institut Daging Nasional (INAC) Uruguay mencapai kesepakatan dengan FA Uruguay (AUF) awal bulan ini untuk memasok daging.

"Tim nasional didampingi oleh makanan terbaik," kata Presiden AUF Ignacio Alonso dilansir ESPN, Jumat (18/11/2022).  "AUF adalah duta besar bersejarah negara kami dan akan membawa serta duta besar lainnya, yaitu daging Uruguay, daging terbaik di dunia."

Baca Juga

Argentina dan Uruguay adalah salah satu konsumen daging terbesar di dunia dan asado dianggap sebagai salah satu hidangan paling populer di negara tersebut. Asado terbuat dari potongan daging dan sosis yang berbeda dan dimasak di atas panggangan.

Kedua tim nasional juga membuat asado di Piala Dunia baru-baru ini.

"Makanan (teh spesial), asado (daging) dan sepak bola bersama untuk Uruguay dan merupakan bagian dari budaya kami," kata presiden INAC Conrado Ferber.  "Kami ingin menyampaikan kualitas produk, alami dan berkelanjutan, dan Piala Dunia adalah waktu yang optimal untuk melakukannya."

The Celeste berlatih pekan ini di Uni Emirat Arab menjelang pertandingan pembuka Piala Dunia melawan Korea Selatan pada 24 November 2022.

Timnas Uruguay telah membuat asado pertama di Park Hyatt Hotel yang mewah di Abu Dhabi tempat mereka menginap. Aldo Cauteruccio, koki timnas Uruguay, bertanggung jawab atas barbekyu yang lezat itu.

Argentina, sementara itu, tiba di Doha, Qatar, pada hari Kamis (17/11/2022) dan tim merayakan kemenangan 5-0 pada hari Rabu atas Uni Emirat Arab dengan makan asado.  Sebanyak 72 orang merupakan delegasi Argentina.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni berbicara tentang pentingnya asado sebagai cara untuk menyatukan grup. "Makanan favorit saya adalah asado, tapi lebih dari itu," katanya. "Ini menciptakan suasana persatuan dan chemistry kolektif. Itu adalah bagian dari budaya kami, dari keunikan Argentina."

Negara Amerika Selatan lainnya, Brasil, tidak akan bergabung dengan Argentina dan Uruguay dalam membawa daging ke Qatar. Namun, tim telah membawa beberapa kopi dan bumbu Brasil yang terkenal serta 30 kg tepung singkong untuk memasak farofa hidangan Brasil yang populer saat Selecao berusaha membawa pulang trofi untuk pertama kalinya sejak 2002.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement