Senin 24 Oct 2022 19:09 WIB

Venue Piala Dunia Qatar 2022: Stadion Lusail

Laga final Piala Dunia Qatar akan digelar pada 18 Desember 2022 di Stadion Lusail.

Stadion Lusail,salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar
Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Stadion Lusail,salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, Stadion Lusail merupakan stadion terbesar untuk venue Piala Dunia 2022. Di stadion ini, laga final akan digelar pada 18 Desember 2022. 

Seperti namanya, Lusail adalah kota terencana di Qatar, yang terletak di pantai, di bagian utara Al Daayen. Lusail terletak sekitar 23 km di utara pusat kota Doha. 

Baca Juga

Desain Stadion Lusail terinspirasi oleh interaksi cahaya dan bayangan yang menjadi ciri dari lentera (fanar) khas Arab . Bentuk dan fasad stadion ini menggaungkan motif dekoratif yang rumit. Bentuknya seperti motif pada mangkuk dan bejana yang menjadi ciri khas pada zaman keemasan seni dan kerajinan tangan di Arab dan dunia Islam.

Seperti dikutip dari FIFA+, Sencana saat ini untuk Stadion Lusail adalah mempelajari modifikasi ruang interior dari lokasi tersebut untuk menampung fasilitas sipil yang beragam. Setelah 2022, tempat tersebut dapat menjadi perumahan yang terjangkau, toko, gerai makanan, klinik kesehatan, dan bahkan sekolah. 

Lantai atas dapat diubah menjadi teras outdoor untuk rumah-rumah baru dan juga digunakan untuk lapangan sepak bola bagi komunitas yang berpotensi akan dibangun di dalam gedung tersebut. Untuk memberi jalan bagi fasilitas baru ini dibangun, beberapa bangunan untuk turnamen harus dibongkar. Setiap bahan yang dipindahkan akan disimpan dan jika memungkinkan, digunakan kembali dan disumbangkan ke komunitas yang membutuhkan infrastruktur olahraga

Air daur ulang digunakan untuk mengairi tanaman di sekitar stadion. Perlengkapan hemat air dan sistem pendeteksi kebocoran beroperasi. Lokasi konstruksi menghemat 40 persen lebih banyak air tawar daripada pengembangan stadion konvensional. 

Bahan canggih yang disebut Polytetrafluoroethylene (PTFE) melindungi stadion dari angin hangat, mencegah debu, dan memungkinkan cahaya yang cukup untuk menumbuhkan rumput lapangan sambil memberikan keteduhan untuk mengurangi beban AC stadion. Stadion Lusail telah menerima penilaian bintang 5 dari Global Sustainability Assessment System (GSAS).

photo
Stadion Lusail,salah satu venue Piala Dunia 2022 Qatar - (EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL)

Cara menuju ke stadion 

Perjalanan ke stadion ini akan dilayani oleh Doha Metro Red Line. Para pengemudi mobil pribadi dapat mengakses dan menuju stadion dengan menggunakan jalan tol Al Khor. Akan ada sejumlah fasilitas park and ride di dekat stadion. Setelah 2022, masyarakat umum akan dapat mencapai fasilitas tersebut dengan menggunakan Lusail Light Rail Tram.

Pertandingan Piala Dunia di Stadion Lusail

Venue turnamen terbesar di Qatar (kapasitas turnamen 80.000) ini akan menggelar partai final Qatar 2022, termasuk juga pertandingan penyisihan grup dan setiap tahapan babak gugur.

22 November

Grup C: Argentina v Arab Saudi (17.00 WIB)

25 November

Grup G: Brasil v Serbia (02.00 WIB)

27 November

Grup C: Argentina v Meksiko (02.00 WIB)

29 November

Grup H: Portugal v Uruguay (02.00 WIB)

1 Desember

Grup C: Arab Saudi v Meksiko (02.00 WIB)

3 Desember

Grup G: Kamerun v Brasil (02.00 WIB)

6 Desember

Babak 16 Besar: 1H v 2G (02.00 WIB)

10 Desember

Perempat final: W49 v W50 (02.00 WIB)

14 Desember

Semifinal: W57 v W58 (02.00 WIB)

18 Desember

Final (22.00 WIB)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement