Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Penayangan Film Warner Bros di HBO Max tidak Secepat Dulu, Ini Penyebabnya

Kamis 11 Aug 2022 11:35 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan di film Elvis. Saat ini, penayangan film produksi Warner Bros di HBO Max tidak seperti dulu, salah satunya film Elvis. Untuk itu, pelanggan sepertinya harus bersabar. (ilustrasi)

Salah satu adegan di film Elvis. Saat ini, penayangan film produksi Warner Bros di HBO Max tidak seperti dulu, salah satunya film Elvis. Untuk itu, pelanggan sepertinya harus bersabar. (ilustrasi)

Foto: Dok Warner Bros Pictures
Hal ini sebagai dampak merger merger Warner Media-Discovery dan Warner Bros.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES – Pelanggan HBO Max dan Warner Bros (WB) tampaknya harus bersabar lebih ekstra untuk bisa menikmati beberapa film rilisan terbaru secara streaming. Seorang juru bicara HBO Max mengonfirmasi bahwa perilisan film di layanan streaming bisa ditentukan berdasarkan film demi film.

Film WB berikutnya yang akan masuk HBO Max, Elvis, diperkirakan baru akan tayang di platform tersebut 15 hingga 45 hari setelah perilisan film di bioskop. Meskipun demikian, juru bicara menyebutkan bahwa tanggal peluncuran film tersebut di HBO Max belum diumumkan.

Baca Juga

Langkah ini menandai merger Warner Media-Discovery dan Warner Bros membawa studio film di bawah naungan yang sama dengan layanan streaming Discovery +, jaringan kabel seperti Animal Planet dan lainnya. CEO Warner Bros Discovery David Zaslav mengisyaratkan pergeseran sumber pendapatan perusahaan pekan lalu. Dia juga mengatakan bahwa kesuksesan perilisan film di bioskop akan berpengaruh pada ketertarikan masyarakat menonton kembali di platform yang berbeda.

Zaslav menyebut streaming bisa menjadi strategi yang cukup penting bagi perusahaan. Namun sejauh ini ia tak pernah mempertimbangkan untuk menutup akses perilisan di bioskop dan merilis semua film di platform tanpa penundaan.

Cara Zaslav ini dinilai berbeda dengan mantan CEO Warner Media, Jason Kilar. Di bawah Kilar, setiap Warner Bros merilis film, itu akan diluncurkan secara bersamaan di bioskop dan HBO Max.

Pada 2022, film-film rilis di bioskop selama 45 hari, setelah itu mereka mungkin akan tayang perdana di HBO Max. Ini adalah interval yang jauh lebih pendek dibandingkan sebelum pandemi, ketika film biasanya diputar di bioskop antara 75 dan 90 hari sebelum tersedia secara daring.

Kini, Warner Bros tampaknya akan merangkul penyedia film yang lebih konvensional yakni pertama bioskop, kemudian platform penyewaan digital dan hiburan perumahan, setelah itu perusahaan streaming langsung ke konsumen. Misalnya, Elvis saat ini dapat dibeli seharga 20 dolar AS di platform sewa yang sesuai dengan Prime Video dan iTunes. Itu masih di bioskop.

Tidak jelas apakah akan film ini akan tersedia di HBO Max pekan depan atau tidak. Karena Warner Bros membuat keputusannya berdasarkan film demi film, beberapa film mungkin memiliki masa tayang lebih pendek dari yang diharapkan jika mereka tidak tampil bagus di bioskop.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA