Selasa 19 Jul 2011 14:02 WIB

Kilauan Jamur Raksasa Pukau Warga di Bangli, Bali

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLI - Jamur berukuran raksasa seberat lima kilogram dengan diameter 30 centimeter memiliki tinggi 50 centimeter tumbuh di areal Pura Tirta Kayang, Desa Kayubihi, Kabupaten Bangli, Bali. Keberadaan jamur itu membuat heboh wilayah setempat. "Selain berukuran besar juga jamur itu mengeluarkan cahaya terang, sehingga banyak warga yang berkunjung ke pura itu," kata I Wayan Danu, salah seorang warga Kayubihi, Selasa (19/7).

Ia mengaku, jamur raksasa itu sudah ditemukan pada Minggu (17/7) dini hari, namun baru tersiar kabar ke pelosok Kabupaten Bangli. Ia mengatakan jamur itu diketemukan pertama oleh I Ketut Putra, salah seorang warga yang juga pengempon Pura Tirta Kayang yang kebetulan "mekemit" atau menginap di pura usai piodalan pada Hari Raya Kuningan, Sabtu lalu.

Tiba-tiba keesokan harinya, pihaknya dikejutkan dengan sinar cahaya terang oleh warga yang "mekemit" begitu didekati ternyata sinar itu muncul dari jamur berukuran raksasa yang tumbuh di areal pura. "Saya mulanya tidak mengira kalau sinar yang dia lihat adalah muncul dari jamur. Dia saat itu hanya melihat ada sinar terang, lalu ingin tahu, kemudian mendekat ke sinar itu," ujarnya.

Diapun kaget melihat ada jamur yang besarnya tak seperti jamur biasanya. Saat ditemukan, jamur tersebut masih berdiri tegak. Jamur dengan berat sekitar lima kilogram dengan diamter 30 cm dan tinggi sekitar hampir setengah meter itu masih berdiri dengan kuat. "Padahal menurut Putra hal tersebut tidak masuk akal, bila dilihat dari berat beban jamur itu," tuturnya.

Diapun menilai sangat aneh dan ajaib pada keberadaan jamur tersebut. "Melihat fenomena ini sudah ada tanda-tanda para prajuru bakal 'nunasang bawos' bertanya kepada orang pintar untuk mencari tahu apa sesungguhnya jamur tersebut dari sisi niskala," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement