Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Program Beasiswa KIP Universitas BSI, Kuliah Gratis Sampai Lulus

Rabu 29 Jun 2022 11:30 WIB

Red: Gita Amanda

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI resmi membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2022.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI resmi membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2022.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Beasiswa KIP Kuliah merupakan program pengganti Bidikmisi yang diluncurkan pemerintah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI resmi membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2022. KIP Kuliah ini adalah program bantuan pendidikan kepada siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat dari keluarga kurang mampu, agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau akademi. Beasiswa KIP Kuliah merupakan program pengganti Bidikmisi yang diluncurkan pemerintah sebelumnya.

Sebagai upaya dalam medukung program pemerintah dalam memberikan bantuan pendidikan, masing-masing kampus saat ini menyediakan KIP kuliah bagi para calon mahasiswa baru.

Baca Juga

Mendukung hal tersebut, membantu generasi muda menggapai impian untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu berupaya dalam meningkatkan pelayanan terbaik bagi pelajar saat ini. Salah satunya dengan memberikan program beasiswa KIP Kuliah.

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) merupakan salah satu program dari pemerintah berupa pemberian bantuan uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah. Beasiswa ini diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin untuk membiayai kuliah.

Indarti selaku Tim Beasiswa Universitas BSI menjelaskan bahwa, KIP kuliah merupakan bantuan pendidikan perkuliahan yang bertujuan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau  pendidikan. Mulai dari pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tingg dan pembebasan biaya kuliah/pendidikan.

“Untuk beasiswa KIP, sebelumnya bernama Bidikmisi. Penamaan beasiswa Bidikmisi berakhir sampai tahun 2020, yang kemudian namanya berubah menjadi KIP Kuliah. Universitas BSI pertama kali mendapatkan Kuota Beasiswa Bidikmisi di tahun 2017, dan sekarang juga membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur beasiswa KIP Kuliah,” kata Indarti, dalam keterangan tertulis, Rabu (29/6/2022).

Ia menjelaskan, ada beberapa Program Studi yang dibuka dari jenjang D3 hingga S1 untuk program beasiswa KIP Kuliah ini. Prodi yang dibuka tersebut yakni dari Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Komunikasi & Bahasa, Fakultas Teknik & Informasi.

Beasiswa KIP Kuliah ini juga berlaku untuk kampus Universitas BSI Program Studi Diluar Kampus Utama. Kampus tersebut yakni yang tersebar di beberapa wilayah seperti Universitas BSI kampus Cikarang, Cibitung, Karawang, Bekasi, Cikampek, Tasikmalaya, Sukabumi, Purwokerto, Tegal, Yogyakarta, Solo dan juga Pontianak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA