Saturday, 12 Rabiul Awwal 1444 / 08 October 2022

DMI Palu Gencarkan Program Subuh Berkah

Selasa 21 Jun 2022 20:20 WIB

Red: Agung Sasongko

Aktivitas di Masjid (ilustrasi)

Aktivitas di Masjid (ilustrasi)

Foto: Istimewa
Subuh Berkah menjadi program unggulan dan prioritas DMI Kota Palu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menggencarkan Program Subuh Berkah sebagai bentuk optimalisasi dakwah Islam dan pembinaan umat di Ibu Kota provinsi itu."Subuh Berkah menjadi program unggulan dan prioritas DMI Kota Palu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman pengurus DMI dan masyarakat tentang keagamaan," kataKetua PD DMI Kota Palu Siradjuddin Ramli, di Palu, Selasa (21/6/2022).

Ia mengemukakan Program Subuh Berkah yang dilaksanakan oleh DMI Palu, menjadi satu inovasi pengurus dalam rangka mewujudkan visi besar DMI yakni memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Saat ini, kata dia, Program Subuh Berkah telah dilaksanakan di beberapa masjid di Kota Palu.

Baca Juga

"Subuh Berkah sudah kami mulai. Program ini berlangsung sepekansekali, setiap hari Sabtu," katanya.

Siradjuddin Ramli yang merupakan Mantan Kapolres Parigi Moutong menjelaskan Subuh Berkah tidak hanya semata - mata ibadah shalat, tidak juga hanya sekadar mengajak umat Islam untuk melaksanakan shalat subuh."Melainkan, dalam Program Subuh Berkah di dalamnya terdapat muatan tarbiyah (pendidikan). Di mana, kegiatan Subuh Berkah dibarengi dengan kajian - kajian tentang keislaman dan keagamaan, serta mengenai moderasi beragama," katanya.

Bahkan, Subuh Berkah juga dibarengi dengan pendidikan tentang Al Quran lewat pengajaran metode sekejap paham Al Quran."DMI melibatkan akademisi Rizal Hamzah Lc untuk mengajarkan metode sekejap dapat memahami Al Quran," katanya.

Sementara untuk dakwah dan pendidikan keislaman dan keagamaan DMI melibatkan akademis Munif Godal. Menurut dia pelaksanaan Program Subuh Berkah tidak hanya terfokus pada satu masjid dan satu wilayah semata, melainkan dilaksanakan di setiap kelurahan dan kecamatan se-Kota Palu.DMI Palu menggandeng MUI Palu, Kemenag Kota Palu dan Bank Syariah Indonesia Cabang Palu untuk mengoptimalkan program tersebut, demikianSiradjuddin Ramli.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA