Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Fans Liverpool di Anfield Terdiam, The Reds Menang tapi Manchester City yang Juara

Senin 23 May 2022 00:34 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Fans Liverpool tampak muram seusai mengetahui Manchester City menang melawan Aston Villa, Ahad (22/5/2022). Hasil itu membuat kemenangan Liverpool atas Wolves di Anfield pada waktu yang sama sia-sia.

Fans Liverpool tampak muram seusai mengetahui Manchester City menang melawan Aston Villa, Ahad (22/5/2022). Hasil itu membuat kemenangan Liverpool atas Wolves di Anfield pada waktu yang sama sia-sia.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL 
Liverpool menang atas Wolves 3-1, tapi City pun menang di Etihad.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Liverpool gagal menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2021/2022 meski menang 3-1 ata Wolverhampton Wanderers (Wolves), di Stadion Anfield, Ahad (22/5/2022) malam WIB. Pasalnya, Manchester City menang 3-2 atas Aston Villa.

Gawang Liverpool kebobolan ketika pertandingan baru berjalan tiga menit melalui sepakan Pedro Neto. Berawal dari umpan lambung kiper Wolves, rekan Pedro menggiring bola dari sisi kiri pertahanan The Reds lalu melakukan umpan datar ke tiang dekat yang disambut oleh Pedro dengan sempurna.

Baca Juga

Liverpool langsung merespons dengan meningkatkan tekanan. Pada menit ke-10 Luis Diaz nyaris menyamakan kedudukan ketika mendapatkan umpan lambung dari rekannya di lini tengah. Namun Diaz yang sudah berhadap-hadapan dengan kiper gagal karena sepakanya berhasil diblok.

Sadio Mane menyamakan kedudukan pada menit ke-24. Menerima assist dari Thiago Alcantara sebelum mencetak gol lewar tembakan kaki kirinya.

Jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim. Hwang Hee-Chan memiliki peluang namun tembakannya gagal membawa Wolves unggul. Pada menit ke-33 Mane nyaris menggandakan keunggulan namun tembakannya berhasil diblok. Kedua tim gagal mencuri gol tambahan hingga turun minum.

Babak kedua kedua tim sama-sama melakukan pergantian pemain. Tuan rumah memasukkan James Milner menggantikan Thiago Alcantara karena cedera. Adapun Wolves mengganti Jose Sa dengan John Ruddy karena cedera.

Liverpool langsung menekan sejak lawa untuk mencari gol kemenangan. Mereka menguasai penguasaan bola di awal babak kedua hingga 61 persen berbanding 39 persen. Lima menit babak kedua berjalan, tembakan Diogo Jota berhasil diblok pemain Wolves.

Dua menit berselang Jota kembali melakukan tembakan dan kembali diblok. Pun dengan tembakan Luis Diaz pada menit ke-57. Masifnya serangan Liverpool membuat Wolves bermain bertahan. Mereka hanya mengandalkan serangan balik untuk mencuri peluang.

Kesulitan menjebol gawang Wolves, Jurgen Klopp memasukkan Mohamed Salah menggantikan Jota pada menit ke-58. Masuknya pemain internasional Mesir tersebut membuat serangan Liverpool semakin mengigit.

Klopp memasukkan Roberto Firmini menggantikan Keita pada menit ke-70. Klopp berharap kehadiran Firmino dan Salah di lapangan dapat membawa timnya mencuri gol kemenangan. Keputusan Klopp memasukkan Salah tepat karena dia berhasil mencetak gol pada menit ke-84 dengan lewat sodoran kaki kirinya.

Baca juga : Son Heung-Min Berbagi Sepatu Emas Liga Primer Inggris dengan Mohamed Salah

Berawal dari tendangan sudut, kemelut terjadi di depan gawang Wolves. Salah yang berdiri di tiang dekat menerima umpan sundulan Matip yang menyambut bola udara dengan mudah menyodorkan bola ke gawang lawan.

Pada menit ke-89 Liverpool menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat Andrew Robertson. Gol tersebut menjadi penutup di laga tersebut. Namun mereka gagal menjadi juara karena Manchester City menang 3-2 atas Aston Villa.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA