Selasa 10 May 2022 11:33 WIB

Minat Jadi Data Scientist? Ini Tren Data Science pada 2022

Profesi data scientist banyak menjadi incaran perusahaan besar dalam dan luar negeri

Profesi data scientist banyak menjadi incaran perusahaan besar dalam dan luar negeri.
Foto:

AutoML

Automated Machine Learning (AutoML) menjadi hal yang cukup menarik di tahun 2022. Data scientist menghabiskan waktu untuk pembersihan dan persiapan data, tugasnya memerlukan keterampilan data yang sering kali perlu dikaji secara berulang.

AutoML pada dasarnya dapat membuat tugas-tugas selesai dengan otomatis. Lewat interface yang sederhana dan ramah bagi pengguna, AutoML dapat diterapkan pada machine learning sehingga para pengguna dapat lebih cepat dalam memecahkan permasalahan atau menguji ide-ide inovasi terbaru.

Menarik bukan? Data science kini kian menjadi tren dan cukup menarik untuk dipelajari dan ditekuni. Banyak perusahaan mulai menggunakan miliaran data sebagai informasi dalam memecahkan permasalahan. Generasi muda wajib belajar dan perlu mengetahui bidang data science ini.

Saat ini banyak berbagai pelatihan, seminar, workshop bahkan perguruan tinggi yang secara menyediakan tempat untuk menekuni bidang ilmu yang satu ini. Salah satu jurusan yang mempelajari tentang Data Science adalah jurusan Sains Data. Perguruan tinggi yang telah membuka jurusan Sains Data yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Ketua Program Studi (Kaprodi) Sains Data UNM Tati Mardiana mengatakan prodi Sains Data akan mengajak generasi muda untuk menekuni dan mempelajari bidang data science sebagai bekal menjawab segala tantangan yang ada di era ini. “Sinergi dengan visi yang ada, prodi Sains Data UNM dengan jenjang pendidikan Sarjana akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berinovasi di bidang teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri,” katanya pada media, Selasa (26/4/2022).

Menurutnya, saat ini profesi data scientist banyak menjadi incaran perusahaan besar dalam dan luar negeri. Maka, sudah selayaknya perguruan tinggi membina dan mendidik mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. “Inilah kesempatannya. Mahasiswa sebagai generasi muda, harus terus berinovasi dan mengikuti tren agar kompetensinya mampu terserap di dunia kerja dan dunia industri,” jelasnya.

Sebagai informasi, UNM telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan periode September 2022. Mendaftar di UNM bisa melalui dua cara yakni melalui aplikasi MyNusa PMB atau melalui laman pmb.nusamandiri.ac.id.

Tambahan nih sob, di UNM kamu juga mencicil biaya kuliah per bulan melalui aplikasi Danacita. Sekarang, tinggal maunya aja untuk kuliah dan belajar, segala kemudahannya sudah disediakan oleh UNM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement