Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Live, Kalahkan Man City 1-3, Real Madrid Melaju ke Final Liga Champions

Kamis 05 May 2022 04:44 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Karim Benzema memastikan Real Madrid melaju ke Final Liga Champions usai mencetak gol kemenangan 3-1 melawan Manchester City pada pertandingan leg kedua Semifinal di Stadio Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022).

Karim Benzema memastikan Real Madrid melaju ke Final Liga Champions usai mencetak gol kemenangan 3-1 melawan Manchester City pada pertandingan leg kedua Semifinal di Stadio Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022).

Foto: EPA
Real Madrid menyingkirkan Manchester City dengan skor 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid memastikan langkah ke babak final Liga Champions usai membungkam Manchester City, 3-1, di Stadion Santiago Bernabeu di laga leg kedua babak semifinal, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB. Sempat tertinggal agregat satu gol, Los Blancos membalikan keadaan dan lolos ke babak final dengan agregat, 6-5, atas The Citizens.

Los Blancos pun tercatat mampu dua kali melangkah ke babak final Liga Champions dalam lima musim terakhir. Di babak final, Madrid sudah ditunggu Liverpool, yang berhasil menyingkirkan Villarreal dengan agregat, 5-2, di laga babak semifinal lainnya. 

Baca Juga

Rencananya, laga final Liga Champions musim ini akan digelar di Stade de France, Paris, Ahad (29/5/2022) dini hari WIB. Laga final Liverpool kontra Real Madrid merupakan partai ulangan partai final Liga Champions musim 2017/2018. Pada saat itu, Los Blancos sukses merajai Benua Eropa lewat kemenangan, 3-1, atas The Reds.

Jalannya Pertandingan

Tim tuan rumah membuka laga dengan berusaha untuk tetap tenang. Los Blancos dengan sabar membongkar pertahanan The Citizens, sambil sesekali meningkatkan tempo permainan, terutama saat kehilangan bola. Sayangnya, lini serang Los Blancos justru terburu-buru dalam memanfaatkan berbagai peluang.

Sepakan Karim Benzema dari dalam kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang City. Begitu pula dengan sepakan Vinicius Junior. Di sisi lain, City secara perlahan mulai mampu mengambil alih kendali permainan. Madrid sempat kesulitan untuk bisa mempertahankan penguasaan bola, City berhasil memanfaatkan kondisi tersebut.

Hingga pertengahan babak pertama, tim besutan Pep Guardiola unggul penguasaan bola dengan torehan 53 persen. Tidak hanya itu, serangan The Citizens juga lebih tajam dibanding Los Blancos. 

Juara bertahan Liga Primer Inggris itu mampu melepaskan tiga tembakan tepat ke arah gawang dari empat tembakan. Di sisi lain, Los Blancos gagal mencatatkan satu pun tembakan tepat ke arah gawang, meski melepaskan jumlah tembakan yang sama dengan The Citizens.

Peluang terbaik pada babak pertama dimiliki oleh tim tamu. Mendapatkan umpan dari Gabriel Jesus di depan kotak penalti, Phil Foden melepaskan sepakan ke arah kanan gawang Madrid. Bola sepakan Foden itu berhasil ditepis oleh kiper Madrid, Thibaut Courtois. Akhirnya, hingga babak pertama usai, kedua tim masih belum bisa memecahkan kebuntuan.

Permainan Madrid pada awal babak kedua terlihat jauh lebih baik dibanding pada sepanjang babak pertama. Tempo dan intensitas permainan yang cepat serta pressing ketat diperagakan Luka Modric dan kawan-kawan. Sayangnya, dua peluang yang didapatkan Vinicius gagal berbuah maksimal.

Memasuki satu jam pertandingan, City mulai mampu keluar dari tekanan Los Blancos. Puncaknya, pada menit ke-73, The Citizens sukses memecah kebuntuan. Adalah Riyad Mahrez yang mampu merobek gawang Los Blancos yang dikawal Thibaut Courtois. 

Baca juga : Saat Masih di Bangku Cadangan, Rodrygo Pelajari Kelemahan Lini Pertahanan Man City

Lolos dari penjagaan pemain bertahan Madrid, Mahrez mampu memaksimalkan umpan dari Bernardo Silva, yang merangsek ke tengah depan kotak penalti Madrid. Dari sisi kanan pertahanan Madrid, eks winger Leicester City itu kemudian melepaskan sepakan kaki kiri ke arah tiang dekat tanpa bisa diantisipasi Courtois.

Dengan kondisi Madrid tertinggal agregat dua gol, pelatih Carlo Ancelotti merespon dengan melakukan pergantian pemain. Eduardo Camavinga dan Marco Asensio masuk menggantikan Luka Modric dan Casemiro. Namun, Los Blancos belum mampu benar-benar mengambil alih kembali jalannya laga.

Tim tamu malah berhasil mendapatkan peluang emas, termasuk via sepakan keras Joao Cancelo dari luar kotak penalti. Courtois masih mampu menghalau tembakan pemain asal Portugal tersebut. Pun dengan dua peluang yang diciptakan Jack Grealish pada 10 menit akhir laga.

Madrid akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit pertama masa injury time. Rodrygo berhasil menyambar umpan dari Karim Benzema tepat di depan mulut gawang City. Tidak berhenti sampai disitu, hanya berselang satu menit, Rodrygo kembali mencetak gol keduanya di laga ini. 

Baca juga : Carlo Ancelotti Cetak Rekor Sebagai Pelatih Terbanyak Tampil di Final Liga Champions

Kali ini, winger asal Brasil itu menanduk umpan lambung dari Dani Carvajal. Dua gol Rodrygo ini tidak hanya membawa Los Blancos berbalik unggul, tapi juga menyamakan agregat gol menjadi, 5-5. Laga leg kedua pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Momentum membalikan keadaan pada masa injury time babak kedua terus dimanfaatkan oleh Real Madrid pada babak extra-time. Klub tersukses di pentas Liga Champions itu terus menekan pertahanan The Citizens. Pada menit ke-95, Madrid menggandakan keunggulan via tendangan penalti. 

Ruben Dias kedapatan melanggar Karim Benzema, yang berusaha menerima umpan tarik Rodrygo. Tanpa kesulitan, penyerang asal Prancis itu mengelabui kiper City, Ederson, dengan mengarahkan bola ke sisi kanan gawang The Citizens. Los Blancos pun berbalik unggul agregat gol, 6-5, atas The Citizens. 

Pada sisa babak perpanjangan waktu, City kesulitan untuk bisa menemukan kembali penampilan terbaiknya. Gol penalti Benzema itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada dua babak masa perpanjangan waktu sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini. Kemenangan, 3-1, di leg kedua babak semifinal membawa Los Blancos melaju ke babak final.

Baca juga : Real Madrid ke Final Champions, Harapan 'Balas Dendam' Mo Salah Terwujud

Real Madrid (4-3-3)

Pelatih: Carlo Ancelotti

Kiper: Courtois; 

Belakang: Carvajal, Militao, Nacho, Mendy;

Tengah: Casemiro, Kroos, Modric;

Depan: Valverde, Vinicius, Benzema

Manchester City (4-3-3)

Pelatih: Pep Guardiola

Kiper: Ederson,

Belakang: Cancelo, Walker, Dias, Laporte

Tengah: Rodri, Bernardo, De Bruyne,

Depan: Mahrez, Foden, Jesus.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA