Kamis 05 May 2022 05:56 WIB

Carlo Ancelotti Cetak Rekor Sebagai Pelatih Terbanyak Tampil di Final Liga Champions

Carlo Ancelotti tercatat menjadi pelatih terbanyak yang tampil di Final Liga Champion

Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti
Foto: AP/Angel Fernandez
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Carlo Ancelotti menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang berhasil tampil lima kali di Final Liga Champions. Ancelotti membawa Real Madrid melaju ke Final Liga Champions musim 2021/2022 usai mengalahkan Manchester City dengan agregat 6-5.

Dikutip dari Sky Sport, dalam kurun waktu satu pekan terakhir, Ancelotti telah dua kali menorehkan rekor baru. Sebelumnya, Carlo Ancelotti menjadi pelatih pertama yang berhasil memenangkan lima liga top Eropa usai membawa Real Madrid menjadi juara La Liga Spanyol. Kamis (5/5/2022) dini hari WIB, Ancelotti menorehkan rekor kedua sebagai pelatih yang mampu lima kali tampil di partai Final Liga Champions.

Baca Juga

Ancelotti mencapat final Liga Champions pertama kali kala membawa AC Milan menghadapi Juventus pada 2002-2003. Saat itu, Ancelotti berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Milan setelah mengalahkan Juventus melalui adu penalti.

Kemudian, pada tahun 2005, Ancelotti tampil lagi di Final Liga Champions kembali bersama AC Milan melawan Liverpool. Kali ini, Ancelotti harus menyaksikan timnya gagal, setelah Liverpool melakukan epic comeback, dan mengalahkan Milan melalui adu penalti.

Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2007, Ancelotti kembali membawa Milan ke Final Liga Champions. Kali ini, pria asal Italia itu sukses mengalahkan Liverpool 2-1 dan membawa Milan juara untuk ketujuh kalinya.

Pada musim 2013-2014, Ancelotti merasakan final Liga Champions untuk keempat kalinya. Kali ini, ia menjadi pelatih Real Madrid menghadapi rival sekota mereka Atletico Madrid di Stadion da Luz, Lisbon. Ancelotti membantu Madrid meraih La Decima, atau trofi ke-10 Liga Champions.

Tahun 2022, Ancelotti kembali membawa Madrid melaju ke Liga Champions. Los Blancos akan menghadapi the Reds di Stadion Stade Stade de France, Paris, 29 Mei 2022 mendatang. Selain lima kali tampil di final, ini berarti Ancelotti juga tiga kali menghadapi Liverpool di Final Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement