Ahad 01 May 2022 15:35 WIB

10 Tips Hadapi Persaingan Startup

Carilah mentor dan pendampingan startup yang sesuai dengan bisnis yang dipilih

Carilah mentor dan pendampingan startup yang sesuai dengan bisnis yang dipilih.
Foto:

6. Pertahankan pelanggan yang sudah ada

Memasuki pasar baru bisa menjadi hal yang mengasyikkan karena dapat meningkatkan basis pasar, penjualan, dan pendapatan. Jadi, sebagian besar perusahaan melupakan pelanggan yang sudah ada karena mereka yakin telah memenangkan hati pelanggan.

Di sisi lain, startup harus memperlakukan pelanggan baru dan yang sudah ada secara setara. Oleh karena itu, perusahaan tidak boleh melupakan pelanggan setia ketika mendiversifikasi pilihan pasar.  Ini berarti bahwa pelaku startup harus terus meningkatkan pasar dan mempertahankan pelanggan setia.

7. Manfaatkan peluang kemitraan

Ada beberapa peluang untuk kolaborasi dalam lingkungan bisnis karena beberapa pengusaha mencari pasar atau demografi baru. Dengan begitu, pelaku startup dapat melawan persaingan dengan bermitra dengan merek-merek besar yang sudah mapan di pasar dengan pangsa pasar yang besar. Namun, ada baiknya untuk mempertimbangkan kebutuhan perusahaan sebelum menjalin kemitraan.

Belajarlah dari kemitraan 2001 antara Starbucks dan Earthwatch. Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk membantu Starbucks meningkatkan keterlibatan karyawan. Pada penelitian ilmiah dipaparkan bahwa kolaborasi ini untuk membantu perusahaan mengembangkan metode kopi yang etis. Di sisi lain, Earthwatch ingin menyebarkan sains dan praktik berkelanjutan.

8. Investasikan dalam tim Anda

Selain produk, karyawan adalah aset terbesar yang perlu perusahaan jaga. Jadi meskipun produk sudah tepat, tanpa dukungan tim maka pesaing akan selalu mendominasi pasar.

Jaga tim supaya tetap termotivasi dan puas, agar mereka tetap produktif. Selain itu, melibatkan karyawan dalam mengembangkan produk dan membuat keputusan bisa menjadi solusi.

9. Inovasi berkelanjutan

Tetap terdepan dalam persaingan dengan teknologi modern. Biarkan tim menjadi kreatif dan inovatif untuk menciptakan cara baru dalam memasarkan produk di pasar sasaran.

Hal ini akan membuat pelanggan tertarik dengan produk perusahaan. Masukkan inovasi kedalam kebijakan perusahaan dan selaraskan budaya.

10. Terlibat dalam inisiatif komunitas

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial akan membantu perusahaan mengembangkan strategi bisnis yang kompetitif. Kegiatan dan inisiatif akan membantu membangun hubungan nyata di lokasi bisnis.

Dari mulut ke mulut menjadi salah satu cara termurah dan paling efektif untuk mengiklankan bisnis. Kita dapat melawan persaingan pasar dengan tetap aktif dan terkenal secara lokal.

Itulah 10 tips yang dapat membantu pelaku startup dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan baru yang sudah ada dan membantu mereka tetap setia. Tips-tips di atas dapat ditiru jika yang sedang membangun atau menjalankan sebuah startup. Selain dapat mempelajari dari tips-tips dan pengalaman orang lain, kamu yang baru akan memulai startup dapat segera bergabung dalam wadah-wadah pembinaan startup.

Salah satu wadah startup yakni NSC (Nusa Mandiri Startup Center). NSC merupakan wadah yang akan memberikan fasilitas bagi mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) untuk membantu mengembangkan bisnis startup mereka.

Kepala NSC Siti Nurlela mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat bagi generasi milenial dan Gen Z untuk terjun ke dunia startup dan siap untuk bersaing. Persaingan penting dalam dunia bisnis karena bisa membantu pengusaha untuk berinovasi dan menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pasar sasaran.

Namun para pelaku startup, khususnya yang baru bergabung, harus dapat lebih menonjol dengan mengetahui pesaing dan pelanggan yang akan mereka tergetkan. Hal ini menuntut para pelaku startup, untuk terus dapat mengembangkan strategi dalam menghadapi persaingan. Untuk dapat mengembangkan bisnis, pelaku startup dapat bersaing dengan pesaing lainnya. Carilah mentor dan pendampingan startup yang sesuai dengan bisnis startup yang dipilih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement