Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Mahasiswa Universitas BSI Jadi Relawan Vaksin Booster di 24 Gerai Vaksin

Kamis 21 Apr 2022 12:53 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bersama Polsek Bekasi Utara menggelar sentra vaksinasi booster di tengah bulan Ramadan 1443 Hijriyah.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bersama Polsek Bekasi Utara menggelar sentra vaksinasi booster di tengah bulan Ramadan 1443 Hijriyah.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kegiatan ini merupakan salah satu dari bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) fatwa nomor 13 tahun 2021, menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 dengan cara injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan sepanjang tidak membahayakan.

Berangkat dari hal tersebut, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bersama Polsek Bekasi Utara menggelar sentra vaksinasi booster di tengah bulan Ramadan 1443 Hijriyah.

Baca Juga

Sentra vaksin booster yang berlangsung sejak 11-24 April 2022 ini, disebar ke 6 Kelurahan di Bekasi dengan beberapa titik lokasi diantaranya:

1.    Kantor Polsek Bekasi Utara, waktu pelaksanaan pagi & malam.

2.    Universitas BSI kampus Kaliabang, waktu pelaksanaan pagi.

3.    Stasiun kereta Bekasi, waktu pelaksanaan pagi & malam.

4.    Kantor Damkar Wisma Astri, waktu pelaksanaan pagi & malam.

5.    Golden City, waktu pelaksanaan pagi & malam.

6.    Polsub Sektor Pondok Ungu Permai, waktu pelaksanaan pagi & malam.

7.    Daerah Kuliner Danau Duta, waktu pelaksanaan pagi & malam.

8.    Pos Bunderan Tabrani Sumarecon Bekasi, waktu pelaksanaan pagi & malam.

9.    Warung Non-Stop, waktu pelaksanaan pagi & malam.

10.  SPBU Pertigaan Permata, waktu pelaksanaan malam.

Menurut Dicky Haryanto selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Kaliabang mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu dari bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Universitas BSI pun dengan pemerintahan di wilayah Bekasi Utara, sudah sering mengadakan kegiatan bersama dan kamipun saling mendukung kegiatan yang sedang dilaksanakan ini. Kami juga mengharapkan jalinan kerja sama ini selalu terjalin,” tutur Dicky, Rabu (20/4/2022).

Ia memaparkan, Polsek Bekasi Utara secara keseluruhan membuka 24 gerai vaksin booster yang dibagi menjadi enam kelurahan, setiap kelurahan terdapat empat gerai. “Setiap gerai terdapat empat orang relawan yang terdiri dari medis dan non-medis. Universitas BSI mengirimkan relawan non-medis sebanyak 48 mahasiswa/i untuk menjadi inputor selama vaksinasi berlangsung dari pagi hingga malam hari,” ujarnya.

Lanjutnya, lokasi-lokasi sentra vaksin booster ini dapat berubah, melihat situasi dan kondisi peminatan dari warga. “Sentra vaksinasi booster diutamakan bagi semua warga yang melintas di daerah tersebut, dengan syarat dan ketentuan yang tertera pada tiket aplikasi PeduliLindungi,” pungkasnya.

Ia mengatakan, bagi warga yang masih khawatir akan efek samping yang membatalkan puasa, sentra vaksin booster juga berlangsung pada malam hari, mulai pukul 21.00-23.30 Wib.

Sementara itu, AKP Parwoto selaku Wakapolsek Bekasi Utara mengucapkan terima kasih kepada Universitas BSI yang berpartisipasi dan berperan aktif menyukseskan program pemerintah yaitu vaksinasi, terutama di wilayah hukum Polsek Bekasi utara. “Hal ini tentunya dengan mengirimkan mahasiswa/I Universitas BSI untuk menjadi relawan sebagai tenaga inputor di gerai vaksin merdeka booster yang diselenggarakan sejak 11-24 April 2022,” ujarnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA