Selasa 12 Apr 2022 10:38 WIB

Pemanfaatan Teknologi Informasi Jadi Media Pendobrak Hambatan Pendidikan

UT diharapkan dapat mengintensifkan kerja sama antar PT wujudkan pendidikan nasional

Pertukaran Nota Kesepahaman antara Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) diselenggarakan secara daring.
Foto:

Pendidikan harus terbuka seluas-luasnya pada masyarakat. Di era disrupsi teknologi saat ini, pemanfaatan teknologi informasi harus menjadi media yang mendobrak hambatan pendidikan. Batasan jarak, ruang, dan waktu menjadi tidak jadi persoalan, yang dibuktikan oleh pengajar dan pengelola UT.  

Sebagai PT yang telah lama berdiri (37 tahun) dengan mengedepankan sistem terbuka dan jarak jauh, banyak pengalaman yang didapatkan oleh PT yang belum lama termasuk UNPERBA. Disampaikan oleh Ketua MPR, UNPERBA harus bisa menjadi siswa dari UT yang sudah pionir di bidang PJJ.

Konsep merdeka belajar melandasi nota kesepakatan dari bidang lainnya yang tujuannya untuk meningkatkan layanan dan akses pendidikan yaitu dalam menghasilkan alumni yang berkualitas dan memiliki daya saing global. Selain itu para pejabat di lingkup UT yang hadir secara luring adalah Rahmat Budiman (Warek Pusat Pengembangan Institusi dan Kerjasama), Karnedi (Kepala Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh Padang), Milwan (Kepala Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan UT), Subekti Nurmawati (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi), Mohammad Imam Farisi (Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat).

Hadir pula Any Meilani (Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum pada Fakultas Ekonomi), Siti Aisyah (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Maya Maria (Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan), serta seluruh jajaran staf dari Kantor Warek Pusat Pengembangan Institusi dan Kerja Sama dan juga dari PPHIK.  

Adapun para pejabat yang hadir dari UNPERBA secara virtual antara lain: Bambang Soesatyo (Ketua Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga), Wisnudi Bargowo (Ketua Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga), Teguh Djuharyanto (Rektor UNPERBA), Eming Sudiana (Warek 1 UNPERBA), Suprapto (Warek 2 Unperba), dan Kamson (Dekan FEB UNPERBA).

Hadir pula Sugeng Suyatno M.P (Dekan FST UNPERBA), Suwali (Ketua LPPM UNPERBA), Reza Rahmadi H. (Ketua LP3M Unoerba), Suyitno (Kepala Biro UNPERBA), dan para Kaprodi (Teknik Mesin, Informatika, Agribisnis, Manajemen, dan Akuntasi UNPERBA). UT diharapkan dapat mengintensifkan kerja sama antar PT dalam mewujudkan pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan konstitusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement