Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Manfaat dan Efek Samping Suntik Putih, Bagaimana Dampaknya untuk Kesehatan?

Sabtu 19 Mar 2022 08:29 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Suntik Putih

Suntik Putih

Apakah manfaat suntik putih sebanding dengan efek samping yang ditimbulkan?

Di dalam negeri, tren kulit putih masih memiliki banyak peminatnya hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan populernya konsumen produk kecantikan dengan khasiat memutihkan dan mencerahkan kulit di pasaran. Tidak hanya krim muka, berbagai produk lain seperti, sabun, pil, hingga injeksi yang bermanfaat untuk memutihkan kulit bisa dibilang laris manis dicari masyarakat.

Dianggap paling praktis dan mampu memberikan efek secara langsung, injeksi menjadi salah satu metode mencerahkan kulit yang paling ampuh dan tengah naik daun sekarang ini. Injeksi atau suntik putih kerap dianggap sebagai metode paling cepat untuk membuat kulit tampak lebih putih dan cerah tanpa harus repot mengaplikasikan krim atau melakukan perawatan kulit secara teratur. 

Hasil dari suntik putih itu pun biasanya dianggap lebih memuaskan ketimbang cara lainnya yang membutuhkan waktu jauh lebih lama agar hasilnya terlihat. Karenanya, cukup banyak orang berbondong-bondong mencoba praktik kecantikan tersebut tanpa ragu, bahkan dengan merogoh kocek cukup dalam.

Meski begitu, tak sedikit pula yang meragukan keamanan praktik suntik putih tersebut dari segi medis karena memang ada risiko menimbulkan efek samping. Nah, agar tidak lagi bertanya-tanya tentang manfaat dan bahayanya, simak ulasan lengkap mengenai suntik putih yang tengah digandrungi banyak orang berikut ini. 

Baca Juga: Sebelum Dikonsumsi, Ketahui Manfaat Minuman Kolagen dan Efek Sampingnya

Bahan Apa yang Diinjeksikan pada Suntik Putih?

Sebelum melakukan prosedur kesehatan atau kecantikan apa pun, termasuk suntik putih, kamu tentu harus memahami lebih dulu bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa memastikan apakah prosedur kesehatan tersebut aman dan tidak akan memberi dampak buruk bagi tubuh.

Pada umumnya, suntik putih berisi larutan yang terdiri dari 3 komponen utama, yakni:

Kandungan

Manfaat

Vitamin C

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta radikal bebas. Kandungan ini juga bisa berperan untuk melepas kolagen. 

Glutathione

Menjadi antioksidan alami dalam tubuh, berperan untuk mencerahkan kulit, serta mampu mencegah potensi terjadinya keriput.

Kolagen

Meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, menurunkan potensi munculnya keriput, serta mendorong produksi fibrillin dan elastin, dan memberikan protein yang diperlukan oleh kulit. 

Benarkah Suntik Putih Ampuh Membuat Kulit Tampak Lebih Putih dan Cerah? 

Setelah mengetahui bahan apa saja yang terkandung dalam prosedur suntik putih, kamu pasti penasaran apakah benar prosedur kecantikan mampu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih putih? Faktanya, berdasarkan studi yang dilakukan oleh International Journal of Aesthetics & Anti-aging Medicine, setidaknya 95 persen partisipan yang mengaku pernah melakukan suntik putih merasakan kulitnya menjadi lebih segar, cerah, dan juga kencang. 

Berdasarkan studi tersebut, manfaat suntik putih didapatkan setelah satu bulan menjalani prosedur. Oleh karena itu, bisa disimpulkan jika praktik ini memang mampu secara efektif membuat kulit menjadi lebih cerah dan putih. Meski begitu, tetap perhatikan efek dan juga jangka waktu melakukan prosedur kecantikan tersebut karena dampaknya bisa berbeda-beda di setiap orang. 

Selain itu, perlu diingat jika manfaat suntik putih ini hanyalah mengembalikan kulit ke kondisi pigmentasi asalnya. Artinya tidak bisa membuat kulit tampak lebih putih dan cerah melebihi kondisi pigmentasi asli atau warna kulit yang sebenarnya. 

Secara sederhana, suntik putih tidak bermanfaat untuk memutihkan kulit hingga batas yang tidak wajar seperti yang mungkin dipahami oleh kebanyakan orang saat ini. Jika ingin mengetahui seberapa besar dampak atau manfaat suntik putih ini pada kulitmu, coba amati bagian kulit yang jarang terkena sinar matahari, sebagai contoh, lengan bagian dalam. Bagian kulit tersebut biasanya yang paling putih dalam tubuh dan suntik putih hanya bisa memberikan manfaat mencerahkan atau memutihkan hingga setara warna kulit pada bagian tubuh tersebut. 

Baca Juga: Ayo Cari Tahu Manfaat Suntik Vitamin C dan Efek Sampingnya

Beragam Manfaat Suntik Putih

Manfaat Suntik Putih

Manfaat Suntik Putih

Prosedur kesehatan atau kecantikan yang ditawarkan oleh pihak medis resmi pasti menawarkan manfaat yang bisa didapatkan oleh pasiennya. Tak terkecuali suntik putih ini. Ada beberapa manfaat suntik putih yang mampu didapatkan oleh orang yang melakukannya.

  • Mencerahkan pigmentasi pada kulit sesuai dengan kondisi aslinya. 
  • Membantu kulit agar terlihat lebih kencang dan memudarkan kerutan karena larutannya mengandung kolagen. 
  • Mencegah risiko munculnya jerawat, noda hitam atau flek. 
  • Membuat kelembapan kulit lebih terjaga. 

Efek Samping Suntik Putih yang Perlu Diperhatikan

Walaupun mampu memberikan sederet manfaat di atas, ada beberapa efek samping suntik putih yang perlu diperhatikan risikonya oleh orang-orang yang ingin melakukan prosedur kecantikan tersebut. Melansir dari Science Based Medicine, ada sejumlah efek samping suntik putih yang perlu diwaspadai, antara lain sebagai berikut.

  • Menurunkan kadar seng atau zinc di dalam tubuh.
  • Menyebabkan gatal, ruam, dan kemerahan di kulit sebagai reaksi dari alergi.
  • Terjadi perubahan fungsi tiroid yang mampu memicu hipotiroidisme atau hipertiroidisme.
  • Mengganggu fungsi kerja organ ginjal serta berisiko menyebabkan penyakit gagal ginjal.
  • Dosis yang tidak sesuai bisa mengakibatkan mual, diare, dan juga sakit perut.

Tingkat Keamanan Prosedur Kecantikan Suntik Putih

Suntik putih sebenarnya sudah tergolong sebagai salah satu prosedur kesehatan atau medis yang resmi dan banyak ditawarkan. Artinya, prosedur tersebut boleh saja dilakukan asal di bawah pengawasan ahli medis atau dokter yang kompeten pada bidang tersebut. Meski begitu, bagi kamu yang baru akan pertama kali melakukan suntik putih, dianjurkan untuk melakukan tes alergi lebih dulu guna mencari tahu adakah reaksi alergi dari bahan yang terkandung dalam injeksi suntik putih tersebut.

Langkah sederhana untuk melakukan tes alergi tersebut adalah dengan mengoleskan beberapa tetes larutan suntik putih pada punggung tangan. Selang satu sampai beberapa jam, jika muncul reaksi alergi seperti, bengkak, gatal, atau kemerahan pada kulit, artinya suntik putih tidak aman untuk dilakukan. Sebaliknya, jika tidak menimbulkan reaksi alergi apa pun, suntik putih kemungkinan besar tidak akan mengakibatkan efek samping yang membahayakan saat dilakukan.

Cara agar Efek Samping Suntik Putih Bisa Dihindari

Suntik putih memang termasuk sebagai prosedur medis yang sudah luas dipraktikkan. Meski begitu, suntik putih masih memiliki sejumlah efek samping yang perlu diwaspadai oleh siapa saja yang ingin merasakan manfaat dari prosedur kesehatan tersebut. Agar risiko dari suntik putih ini bisa dihindari, kamu perlu memahami cara untuk menghindari efek sampingnya.

  1. Cari dokter dengan kompetensi terjamin di bidang yang bersangkutan. Jangan asal melakukan suntik putih di sembarang tempat medis, apalagi yang tidak resmi dan masih dipertanyakan kredibilitasnya agar aktivitas yang seharusnya menjadikan kulit lebih cerah dan sehat malah menyebabkan berbagai efek samping dan alergi yang bisa membahayakan. 
  2. Cek terlebih dahulu riwayat kesehatan dengan melakukan konsultasi dokter. Informasikan segala riwayat penyakit atau alergi yang pernah kamu alami dan tanyakan apakah ada dampak suntik putih yang mampu memperburuk kondisi kesehatanmu.

Selalu Kedepankan Kesehatan Tubuh dan Lakukan Suntik Putih Sesuai Prosedur yang Dianjurkan

suntik putih

Lakukan Suntik Putih Sesuai Prosedur yang Dianjurkan

Itulah penjelasan mengenai apa itu suntik putih, manfaat, dan juga efek sampingnya yang penting untuk diketahui. Perlu diingat bahwa kesehatan tubuh merupakan prioritas utama dalam melakukan prosedur kesehatan atau kecantikan apa pun.

Jika manfaat suatu prosedur medis, tak terkecuali suntik putih, tidak sebanding dengan bahayanya, maka jangan paksakan diri untuk melakukannya. Tentu kamu tidak mau kan tubuh mengalami berbagai masalah kesehatan yang malah membuat sengsara hanya demi mendapatkan tampilan kulit yang lebih cerah? Oleh karena itu, selalu kedepankan kondisi kesehatan tubuh dan pastikan untuk melakukan suntik putih sesuai dengan prosedur yang dianjurkan serta di tempat praktik yang sudah terjamin kredibilitasnya.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA