Rabu 16 Mar 2022 08:32 WIB

Sambut Maba, Prodi Magister Ilmu Komputer UNM Laksanakan PKKMB dan Matrikulasi

PKKMB dan matrikulasi Magister Ilmu Komputer UNM digelar selama dua hari

PKKMB dan matrikulasi Magister Ilmu Komputer UNM digelar selama dua hari.
Foto: UNM
PKKMB dan matrikulasi Magister Ilmu Komputer UNM digelar selama dua hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut mahasiswa baru (maba) semester genap tahun 2021/2022, Program Studi (prodi) Magister Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan kegiatan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Matrikulasi. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu dan Ahad 12-13 Maret 2022 ini mendapat respons antusias dari para maba.

Kegiatan PKKMB hari pertama pada Sabtu (12/3/2022) dibuka Agus Subekti selaku Kaprodi (ketua prodi) Ilmu Komputer (S2) Universitas Nusa Mandiri (UNM). Ia memberikan ucapan selamat datang pada maba dan selamat bergabung dalam bagian civitas akademika UNM.

Baca Juga

“Saya ucapkan selamat datang pada para mahasiswa baru, selamat bergabung menjadi bagian dari civitas akademika Universitas Nusa Mandiri (UNM). Semoga dapat lulus tepat waktu dan pendidikan masternya di UNM dapat mendukung karier di bidang pekerjaan masing-masing,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan materi matrikulasi dengan tema “Introduction to Computer Science”. Materi ini sekaligus menjadi pengenalan prodi dan penyetaraan terhadap mata kuliah di bidang ilmu komputer. Sehingga, mahasiswa baru yang berasal dari di luar bidang ilmu komputer bisa melakukan penyesuaian.

Sesi Sharing & Motivasi diisi oleh Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) Dwiza Riana yang memberikan motivasi dan tips pada maba agar dapat menargetkan diri lulus tepat waktu. “Kunci selama menempuh studi S2 ini yang terpenting adalah semangat, lakukan, dan mencoba, Insya Allah selalu ada jalan. Targetkan pula kegiatan dan jadwal yang perlu dilakukan. Termasuk riset tesis sejak awal agar mudah dalam menyusun tesis nantinya,” terang Dwiza.

Di sesi berikutnya, Eni Heni Hermaliani selaku Sekretaris Prodi Ilmu Komputer (S2) UNM memberi paparan tentang pengenalan akademik berupa penjelasan sistem dan prosedur akademik. Ia memberikan gambaran pada maba mengenai jabatan struktural di UNM, nilai minimal mata kuliah, ketentuan biaya, ketentuan tesis, dan kegiatan-kegiatan akademik lainnya.

Kegiatan berikutnya di hari kedua yakni Matrikulasi menghadirkan pembicara Arif Hidayat selaku Wakil Rektor 2 Bidang Non-akademik dan Ferda Ernawan sebagai dosen Senior Universiti Malaysia Pahang. Arif Hidayat mengisi materi mengenai “Advanced English for Computer Scientist” dan mengajak peserta untuk praktik skill reading dengan teknik skimming untuk memahami sebuah artikel ilmiah tanpa membaca secara keseluruhan.

“Teknik ini tentu akan sangat dibutuhkan saat harus memahami paper penelitian dan mencari sumber-sumber referensi,” katanya.

Pada sesi terakhir, Ferda Ernawan memaparkan tema “Ethics in Information Technology”. Materi ini meliputi etika, batasan, dan hukum apa saja yang berlaku di bidang teknologi informasi.

“Banyak isu dalam etika TI yang harus diperhatikan, termasuk plagiarisme. Hal ini yang perlu diperhatikan ketika nanti mengambil sumber referensi dari penelitian orang lain. Saya mengajak pada rekan-rekan semua untuk menanamkan kunci di dalam diri agar selalu berada pada batasan etika TI agar tidak merugikan orang lain,” pesannya pada seluruh maba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement